Anak-Anak Ini Rela Nunggu Kedatangan Kades Banjarejo Berhari-Hari, Lho Ada Apa?

Beberapa bocah menunjukkan fosil yang akan diserahkan pada Kades Banjarejo (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Beberapa bocah menunjukkan fosil yang akan diserahkan pada Kades Banjarejo (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Sejumlah anak di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Grobogan, rela menunggu kedatangan Kadesnya Ahmad Taufik selama beberapa hari.

Mereka ini, menunggu kedatangan Taufik lantaran ada satu keperluan yang dirasa penting. Yakni, menyerahkan beberapa potongan fosil hewan purba yang berhasil ditemukan.

“Selama tiga hari sejak 2 Mei lalu, saya berada di Solo untuk persiapan sekaligus bantu jaga stan pameran di Benteng Vastenburg. Baru hari ini, saya sempat pulang nengok rumah sekaligus menyelesaikan beberapa pekerjaan. Saat pulang, ternyata ada beberapa anak yang datang untuk menyerahkan fosil,” kata Taufik.

Ada tujuh potongan fosil dari beberapa jenis hewan yang diserahkan bocah-bocah tersebut. Antara lain, fosil potongan tanduk rusa, tanduk banteng, dan iga stegodon atau gajah purba.

Dengan adanya bocah yang menyerahkan fosil, Taufik pun harus menepati janjinya. Yakni, memberikan hadiah pada bocah yang menyerahkan temuan fosil.

“Memang buat anak-anak yang dapat fosil saya janjikan hadiah. Tapi, hadiahnya tidak istimewa kok. Cuma saya kasih ikan lele peliharaan di kolam belakang saja,” cetusnya sembari tertawa.

Menurutnya, kedatangan bocah ke rumahnya untuk menyerahkan fosil memang bukan suatu hal yang mengejutkan. Sebab, dalam sebulan terakhir sudah ada beberapa bocah yang datang sambil menyerahkan benda temuan.

Setelah dicek, ternyata benda yang dibawa adalah potongan tubuh hewan purba. Kebanyakan, fosil potongan tubuh beberapa hewan purba itu ditemukan bocah-bocah itu ketika bermain di pinggiran sawah atau di pekarangan rumah.

“Selain anak-anak, banyak orang tua yang sudah menyerahkan benda temuan kesini. Baik, benda purbakala berupa fosil maupun benda cagar budaya. Kesadaran warga untuk menyerahkan benda temuan sekarang ini makin meningkat dan ini sangat membanggakan,” pungkas bapak tiga anak itu.

Editor : Akrom Hazami