Pokdarwis Bakal Dongkrak Objek Wisata di Desa Jrahi Pati

Sejumlah anggota kelompok sadar wisata (pokdarwis) dibina untuk pengembangkan obyek wisata di Desa Jrahi. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Sejumlah anggota kelompok sadar wisata (pokdarwis) dibina untuk pengembangkan obyek wisata di Desa Jrahi. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Sejuta potensi wisata yang ada di Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal, Pati diakui masih belum tersentuh. Padahal, desa tersebut menyimpan beragam wisata, mulai wisata alam hingga sosial-budaya.

Di bidang wisata alam, Desa Jrahi terdapat Air Terjun Grenjengan Sewu, Embung Mini, Pancur Songo, wisata tracking ke gunung, ecotourism, hingga agrotourism. Di bidang wisata sosial-budaya, penduduk Desa Jrahi terdiri dari warga lintas agama yang hidup berdampingan secara rukun.

“Ada banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan di Desa Jrahi. Namun, selama ini belum ada yang tergerak untuk mengembangkannya. Kami mencoba untuk membuat terobosan agar potensi di Desa Jrahi tidak terbuang sia-sia,” ujar Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Jrahi, Edi Kristiyono kepada MuriaNewsCom, Rabu (4/5/2016).

Sementara itu, Kepala Desa Jrahi, Surani mengaku tidak punya cukup dana untuk mengembangkan potensi wisata di daerahnya. Infrastruktur berupa gapura dan jalan saja, kata dia, saat ini masih belum bisa mendukung untuk kegiatan wisata di sana.

Karena itu, pihaknya sempat mengadakan pembinaan untuk pokdarwis. Pemberdayaan pada pokdarwis diharapkan bisa mengembangkan potensi wisata di Desa Jrahi yang selama ini belum dilirik sebagai destinasi wisata.

“Kami berharap ada perhatian untuk Desa Jrahi, terutama infrastruktur jalan, gapura, dan pembangunan toilet untuk lokasi wisata. Wisata alamnya masih natural dan tidak kalah pentingnya di sini kerukunan umat beragama sangat baik. Ada gereja, masjid dan vihara,” tukasnya.

Editor : Akrom Hazami

Baca juga :

Wisata Desa Jrahi Pati Belum Dipedulikan