Hadapi PON Jateng, Persikaba Turunkan Pemain Cadangan

Persikaba Melawan PSD Demak pada laga terakhir putaran pertama Linus Jateng 2016 Group C di Satdion Kridosono. (MuraiNewsCom/Rifqi Gozali)

Persikaba Melawan PSD Demak pada laga terakhir putaran pertama Linus Jateng 2016 Group C di Satdion Kridosono. (MuraiNewsCom/Rifqi Gozali)

 

MuriaNewsComBlora – Persikaba Blora akan menurunkan pemain cadangannya pada laga persahabatan melawan kesebelasan PON Jateng di Stadion Kridosono pada Rabu (4/5/2016), hari ini.

Pelatih Persikaba Nanang Kushardiyanto mengaku, tak mau menanggung risiko cederanya pemain inti saat lawan PON Jateng. Sebab, perjalanan Persikaba di Linus Jateng masih panjang. Jika ada salah satu pemain inti yang cedera, Persikaba akan kesulitan mencari pengganti.

Apalagi tim kebanggaan warga Blora ini menghendaki meraih poin sempurna di tiga kali pertandingan berikutnya di babak penyisihan Linus Jateng. “Karena itu kami tidak akan memainkan semua pemain inti ketika lawan PON Jateng. Bisa bergantian dengan pemain cadangan,” ujarnya.

Meski telah didaftar masuk dalam skuad Laskar Arya Penangsang, namun para pemain itu belum pernah dimainkan di tiga pertandingan yang sudah dijalani Persikaba di Liga Nusantara (Linus) Jateng Grup C. Laga lawan tim PON Jateng inipun menjadi pembuktian kualitas pemain lapis kedua tersebut.

Hal senada dikemukakan pula Ketua Umum Persikaba Agus Puryanto. Dia menyatakan, meski berstatus sebagai pemain cadangan, namun sejatinya kualitas pemain pelapis itu tidak kalah dengan pemain inti.

“Hanya mereka butuh jam terbang. Bertanding lawan PON Jateng inilah bisa menjadi pengalaman berharga bagi mereka untuk menambah jam terbang,” katanya.

Terdapat sejumlah nama yang tahun lalu pernah pula memperkuat Persikaba di Linus Jateng. Bahkan nama mereka kerap masuk dalam starting line up pilihan pelatih Persikaba kala itu Edy Paryono dan M Yusuf. Para pemain itu diantaranya Agil Pramono, Apri Sanjaya, Dwi Susilo dan Gandi Supriyanto.

Tak hanya itu, kiper kawakan Persikaba Tulus Sapmoko yang kini menjadi kiper cadangan menjadi tembok kokoh pertahanan Blora. Selain mereka, pemain pelapis yang dimiliki Persikaba saat ini diantaranya Suranto, Zolafuddin dan Samsudin. Mereka semua adalah pemain lokal Blora.

“Meski hanya pertandingan ekshibisi dan tak ada penghitungan poin, namun kami menginginkan Persikaba bisa memenangkan pertandingan, apalagi ini laga di kandang sendiri,” tandas Agus Puryanto.

Keinginan meraih kemenangan, bisa jadi bakal mampu direalisasikan para pemain Blora. Karena, grafis penampilan tim tamu tengah menurun. Usai berlaga di kualifikasi PON bulan Maret di Stadion Arcamanik Bandung dan dinyatakan lolos PON, kesebelasan asuhan Pelatih Anjar Jambore Widodo itu ditinggalkan sejumlah pemain intinya yang memperkuat sejumlah kesebelasan ISC.

Di dua kali laga ekshibisi melawan tim Linus Jateng, Soni Setiawan dkk selalu kalah. Bertanding lawan tuan rumah Persik Kendal, Rabu (27/4/2016), kesebelasan PON Jateng takluk 2-0. Adapun ketika tampil di Stadion Wergu Wetan menghadapi tuan rumah Persiku Kudus, Minggu (1/5/2016), tim PON kalah 1-0.

Pertandingan lawan Persikaba merupakan laga ketiga dari enam partai yang akan dijalani PON Jateng menghadapi kesebelasan peserta Linus asal Jateng.

Editor: Supriyadi