Wow, Mendikbud Anies Baswedan Takjub Lihat Fosil Kerbau Raksasa dari Grobogan

Mendikbud Anies Baswedan saat berkunjung ke stan pameran Kabupaten Grobogan dan melihat koleksi benda purbakala dari Desa Banjarejo.

Mendikbud Anies Baswedan saat berkunjung ke stan pameran Kabupaten Grobogan dan melihat koleksi benda purbakala dari Desa Banjarejo.

 

MuriaNewsCom, Grobogan  – Fosil kepala kerbau raksasa yang jadi salah satu koleksi benda Purbakala di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, ternyata tidak hanya mengundang decak kagum warga.

Bahkan, Mendikbud Anies Baswedan juga terlihat takjub setelah melihat langsung fosil kepala kerbau raksasa tersebut.

Menteri dan rombongan melihat fosil kepala kerbau saat mengunjungi stan Kabupaten Grobogan dalam Pameran Arsip dan Perpustakaan se-Jawa Tengah yang dilangsungkan di Benteng Vastenburg Solo, Selasa (3/5/2016).

Kunjungan ke stan itu dilakukan setelah Anies membuka secara resmi acara pameran dengan tema ‘Jawa Tengah Membaca’ tersebut.

“Cukup lama tadi Pak Menteri singgah di stan Grobogan. Beliau cukup kagum dengan koleksi fosil yang kita pajang. Terutama dengan fosil kepala kerbau dan gading gajah purba,” ungkap Kades Banjarejo Ahmad Taufik yang ikut jadi penjaga stan pada hari pertama pameran tersebut.

Taufik menyatakan, fosil kepala kerbau raksasa itu memang sangat istimewa. Selain usianya sudah mencapai jutaan tahun, ukuran fosil yang ditemukan Rabu (9/9/2015) lalu, juga sangat besar.

Panjang antarujung tanduk mencapai 170 cm. Kemudian tinggi tulang bagian kepala mencapai 60 cm dengan lebar 25 cm. Sedangkan panjang tiap tanduk sekitar 115 cm.

“Fosil kepala kerbau raksasa seperti ini selain istimewa juga sangat langka. Jadi, banyak orang yang langsung takjub ketika melihatnya,” cetusnya.

Menurut Taufik, stan Grobogan tadi juga dijadikan lokasi konferensi pers Menteri Anies Baswedan dengan awak media yang meliput pameran. Selain menteri, ada pula presenter kondang Najwa Shihab yang ikut melihat stan pameran.

Editor : Akrom Hazami