Hebat, Kearsipan Jepara Masuk Nominasi Enam Besar Tingkat Nasional

Tim Penilai Tingkat Nasional diterima langsung oleh Bupati Jepara, Marzuki. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Tim Penilai Tingkat Nasional diterima langsung oleh Bupati Jepara, Marzuki. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

 

MuriaNewsCom, Jepara – Kearsipan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara, sebagai Wakil Jawa Tengah ditingkat nasional masuk nominasi 6 besar tingkat Nasional. Atas keberhasilan tersebut, Tim Penilai Tingkat Nasional datang ke Jepara. Kehadirannya di Jepara juga sekaligus melakukan penilaian lapangan untuk menentukan yang terbaik nantinya.

Tidak hanya penilaian lapangan, tahap berikutnya nanti Kepala Kantor Arsip juga diminta untuk presentasi di hadapan tim penilai di Jakarta. Kehadiran Tim Penilai di Jepara di terima langsung Bupati Jepara di Ruang Kerja Bupati didampingi Asisiten III Sekda, Kepala BKD, Bappeda serta Kepala Dinas/Instansi serta Bagian terkait.

Keenam Kabupaten/Kota tersebut disamping Kabupaten Jepara adalah Kota Yogyakarta, Probolinggo,  Kabupaten Bogor,  Pangkal Pinang Sumatra Selatan serta Kabupaten Payah Kumbuh Sumatra Barat.

Ketua Tim Penilai dari ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia) Gunawan menyatakan bahwa disamping lomba tingkat Kabupaten Kota juga diselenggarakan lomba tingkat Provinsi. Adapan nominasi 6 besar tingkat propinsi, yaitu Propinsi DIY, Jawa Barat, Padang Sumatra Barat, Sumatra Selatan, DKI dan Banten.

”Perlu diketahui hasil penilaian 6 nominasi terbaik adalah merupakan hasil penilaian dari sisi administrasi. Untuk membuktikan kegiatan di lapangan, keenamnya dilihat dan dinilai langsung kelokasi dengan jadwal dan hari yang berbeda. Dari penilaian lapangan dan presentasi inilah nantinya dapat dilihat nilai tertinggi dan  terbaik se-Indonesia,” terang Gunawan, melalui rilis yang diterima MuriaNewsCom, Selasa (3/5/2016).

Sementara itu, Bupati Jepara Ahmad Marzuqi mengatakan yang lebih terpenting lagi adalah menjadikan kegiatan ini lebih berdaya guna, bermanfaat dan memasyarakat. Sehingga melalui lomba ini mampu memberikan nilai tambah berupa data kearsipan yang akurat bagi kepentingan daerah dan masyarakat pada umumnya.

”Namun demikian prestasi dan kejuaraan sebagai bentuk penghargaan atas kinerja juga sangat diperlukan. Sehingga dapat memacu kegiatan berjalan lebih baik dan lebih semangat. Lebih-lebih jika bisa mendapatkan juara atau menjadi yang terbaik, tentunya akan lebih bersemangat,” katanya.

Editor: Supriyadi