Mulai 3 Mei, Koleksi Fosil Banjarejo Akan Dipajang di Benteng Vastenburg Solo

Aneka koleksi benda purbakala di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus akan disertakan dalam pameran di Benteng Vastenburg Solo. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Aneka koleksi benda purbakala di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus akan disertakan dalam pameran di Benteng Vastenburg Solo. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Mulai besok, Selasa (3/5/2016) ratusan koleksi benda purbakala yang ditemukan di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus akan ditaruh di Benteng Vastenbur Solo.

Namun, jangan salah koleksi benda bersejarah ini tidak akan ditaruh di benteng peninggalan Belanda untuk selamanya. Tetapi hanya sepekan saja, mulai 3-9 Mei nanti.

”Ceritanya, selama sepekan nanti ada kegiatan pameran arsip dan perpustakaan se Jawa Tengah di Benteng Vastenburg. Kita diminta ikut berpartisipasi disitu sebagai wakil dari Kabupaten Grobogan. Tema pamerannya Jawa Tengah Membaca,” terang Kepala Desa Banjarejo Ahmad Taufik.

Menurutnya, ada banyak koleksi fosil yang akan dibawa dalam pameran nanti. Hal itu dilakukan supaya masyarakat luas bisa tahu dan mengenal besarnya potensi benda purbakala yang ada di Banjarejo.

”Fosil dari sekitar 12 spesies hewan purba yang ditemukan akan kita bawa dalam pameran. Seperti, fosil gajah, badak, kuda nil, penyu, banteng, kerbau, buaya, kerang, menjangan, hiu dan hewan laut lainya,” jelasnya.

Terkait dengan pemeran tersebut, Taufik mengaku sudah menggalang dukungan dan koordinasi dengan beberapa pihak. Seperti dengan anggota komunitas pecinta fosil, dan Bupati Grobogan Sri Sumarni yang juga memberikan dukungan penuh dibawanya koleksi fosil Banjarejo dalam pameran tersebut.

”Selain itu, kami juga koordinasi dengan BPSMP Sangiran terkait keikutsertaan dalam pameran dan arsip se Jawa Tengah ini. Pihak BPSMP juga ikut memberikan suport pada kami dalam pameran ini. Mohon doanya agar pameran nanti berjalan lancar,” ujarnya.

Editor: Supriyadi