Duh, Masih Ada Warga Jepara yang Belum Teraliri Listrik

listrik tidak ada (e)

Di Kabupaten Jepara ternyata belum seluruh warganya bisa menikmati aliran listrik sendiri. MuriaNewsCom (Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Kabupaten Jepara boleh dibilang selalu bermasalah dengan masalah listrik untuk warganya. Selain sering padam karena alasan yang tidak jelas, ternyata masih banyak warga Jepara yang belum teraliri listrik.

Kepala Dinas Bina Marga Pengairan dan ESDM Jepara Budiarto melalui Kabid ESDM Ngadimin mengatakan, sebanyak 82 persen dari jumlah kepala keluarga (KK) di Jepara sudah teraliri listrik. Sedangkan sisanya sekitar 18 persen, belum menikmatinya.

”Itu data yang kami miliki. Sedangkan dari PLN sendiri memiliki data yang sedikit berbeda. Yakni 74 persen yang sudah teraliri listrik, dan sisanya 26 persen belum,” kata Ngadimin kepada MuriaNewsCom, Sabtu (30/4/2016).

Menurut dia, jumlah KK di Kabupaten Jepara ada sekitar 275 ribu. Sehingga dari persentase di atas, didapatkan ada puluhan ribu KK yang belum teraliri listrik. Bahkan data tersebut, belum termasuk KK yang ada di Kecamatan Karimunjawa.

”Data itu memang masih belum pasti. Ada perbedaan antara kami dengan PLN. Kami akan melakukan pembahasan lebih lanjut dengan PLN agar mendapatkan data yang valis,” ungkap Ngadimin.

Lebih lanjut dia mengatakan, Sebelum melakukan langkah strategis, pihaknya akan melakukan verifikasi ulang agar didapati data yang valid. Kepala desa diperintahkan untuk melakukan pendataan terhadap warganya yang belum mendapatkan fasilitas negara tersebut.

Menurut Ngadimin, adanya perbedaan tersebut lantaran sebagain wilayah Jepara aliran listriknya dipasok dari kabupaten tetangga. Itu seperti Kecamatan Nalumsari yang di bawah rayon Kudus, dan sebagian wilayah ujung utara Jepara yang dipasok Rayon Pati.

Dia menambahkan, ratusan KK tersebut bukan berarti tak mendapat penerangan lampu listrik sama sekali. Hanya saja memang tidak memiliki jaringan sendiri. Mereka menyambungkan kabel di rumah warga yang terdekat.

”Istilahnya mereka numpang. Untuk yang benar-benar tak mendapatkan aliran listrik, kami belum tahu,” imbuhnya.

editor: Merie