Catat Ini! Gafatar Resmi Dinyatakan Sebagai Organisasi Terlarang

f-gafatar 1 (e)

Kepala Kesbangpol Kudus Djati Sholechah. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) belum lama ini mendapatkan surat edaran bersama dua menteri terkait Gafatar. Dalam surat tersebut, ditegaskan bahwa Gafatar merupakan organisasi terlarang.

Kepala Kesbangpol Kudus Djati Sholechah mengatakan, surat edaran tersebut baru diterimanya pada Selasa (26/4/2016) kemarin. “Jadi, dalam edaran dari Kementrian Agama dan Kementrian Dalam Negeri itu, menyebutkan jika organisasi Gafatar atau sejenisnya sudah masuk dalam organisasi terlarang,” katanya.

Pembahasan mengenai Gafatar, sebenarnya sudah dilakukan pada tiga Maret lalu. Hanya, pembahasan dilakukan oleh tingkat provinsi se-Indonesia .

Dalam pembahasan waktu itu, sebenarnya pemerintah belum menentukan apakah Gafatar merupakan organisasi terlaraang atau bukan. Hingga akhirnya keputusan itu disepekati, bahwa Gafatar merupakan organisasi terlarang.

“Ini sekaligus sebagai larangan kepada anggota dan pengurus Gafatar untuk tidak lagi kembali ke gerakan tersebut. Sebab sudah dinyatakan terlarang,” ungkapnya.

Untuk menyebarkan informasi itu, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada pengurus dan anggota Gafatar asal Kudus. Hanya, mengenai teknis dan sebagianya akan dilakukan komunikasi terlebih dahulu dengan pihak kejaksaan.

“Nanti akan dikumpulkan, namun konsepnya seperti apa masih dibahas. Apakah langsung menghadirkan mereka mantan anggota Gafatar atau semacam apa,” ungkapnya.

Editor : Kholistiono