Percaya atau Tidak, Busana Anggun Buatan Warga Pati Ini Didesain dari Koran Bekas

uplod jam 11.30 gaun koran(e)

Novi Widya Ardani mengenakan gaun yang terbuat dari koran bekas buatan Sri Wahyuni, pensiunan guru asal Kelurahan Kalidoro, Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Siapa sangka, bila busana anggun yang terkesan elegan dan mahal bukan berarti dari bahan-bahan mewah. Seperti yang dikenakan Novi Widya Ardani, warga Kelurahan Kalidoro, Kecamatan Pati Kota.

Busanaya ternyata berasal dari koran bekas. Busana itu dipakai di atas panggung dengan meliuk-liuk seperti model papan atas. Bulatan-bulatan kecil berbentuk kipas tampak apik melapisi setiap bagian tubuh Novi.

Sri Wahyuni, desainer baju dari koran bekas itu mengatakan, ide itu muncul setelah melihat banyaknya koran yang menumpuk. Bertepatan dengan diadakannya suatu lomba fashion show berbahan barang tak terpakai, Wahyuni mencoba untuk merancang baju dari koran bekas.

“Gaun dari koran bekas itu saya buat bersama menantu saya. Butuh koran sekitar 2 kilogram untuk membuat satu gaun. Harus telaten karena memang butuh waktu yang cukup lama. Satu baju bisa memakan waktu dua hingga tiga minggu,” ujar Wahyuni, Selasa (26/4/2016).

Pada bagian dada hingga pinggang ditutupi kertas tebal yang kemudian dilapisi koran. Selebihnya, busana itu dibentuk dari ratusan kipas-kipas kecil dipasang hingga membentuk busana lengkap.

“Pada bagian bawah sengaja dilebihkan satu meter, karena busana ini bermodel seperti gaun pengantin. Sesuai dengan kesepakatan ibu-ibu PKK, gaun itu rencananya akan dipajang di balai desa atau bank sampah di desa setempat. Bila ada yang berminat, kita akan produksi lagi,” kata pensiunan guru ini.

Editor : Akrom Hazami

Baca juga :

Unik, Warga Kalidoro Pati Gelar Fashion Show Busana Daur Ulang Sampah

Satu gagasan untuk “Percaya atau Tidak, Busana Anggun Buatan Warga Pati Ini Didesain dari Koran Bekas

  1. Ping-balik: Desainer Busana Daur Ulang Pati Beberkan Tips Buat Baju dari Koran | Muria News

Komentar ditutup.