Kepala Kerbau Raksasa Kuno Bikin Pelajar Banjarejo Grobogan ‘Ndomblong’

uplod jam 18 kepala kerbau fosil (e)

Siswa melihat benda purbakala di rumah Kades Banjarejo, Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Dalam kurun waktu satu tahun terakhir, jumlah koleksi benda bersejarah yang tersimpan di rumah Kepala Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus Ahmad Taufik memang terus bertambah.

Dari jumlah segelintir, sekarang sudah mencapai ratusan. Kondisi inilah yang menjadikan salah satu daya tarik orang untuk berkunjung.

Di antara benda yang ada, fosil berupa kepala kerbau purba memang bikin kagum banyak orang yang sempat melihatnya. Namun, ada juga yang agak takut-takut untuk mendekat.

“Fosil kepala kerbau berusia jutaan tahun ini memang jadi primadona pengunjung, selain gading purba. Selain ukurannya memang jumbo, jumlahnya juga cuma ada satu,” kata Taufik, saat menerima kunjungan siswa MA Al Mubarok, Kecamatan Ngaringan.

Lebih lanjut Taufik menyatakan, fosil raksasa itu ditemukan Rabu (9/9/2015) lalu. Setelah diukur, panjang antar ujung tanduk mencapai 170 cm. Kemudian tinggi tulang bagian kepala mencapai 60 cm dengan lebar 25 cm. Sedangkan panjang tiap tanduk sekitar 115 cm.

“Saat ditemukan, bentuk tulang itu masih utuh. Yakni, tulang kepala dan tandung masih menyatu. Saya tidak bisa membayangkan, ketika hidupnya dulu, kerbau ini pasti gede sekali ukurannya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah MA Al Mubarok Ahmad Muhtar menyatakan, sengaja dia membawa murid-muridnya ke Banjarejo untuk melihat dan belajar mengenai benda bersejarah yang ada. Kegiatan itu dilakukan dalam rangka memberikan edukasi pada siswa soal kehidupan masa lampau.

“Dalam kunjungan perdana ini hanya siswa kelas XI yang kita bawa. Ke depan, nanti akan kita agendakan rutin kunjungan kesini buat seluruh siswa. Setelah melihat langsung, saya menilai koleksi yang ada sudah luar biasa,” katanya.

Editor : Akrom Hazami