Begini Tanggapan Dinas Pariwisata Jepara Soal Wahana Bermain di Pantai Kartini yang Mangkrak

Salah satu wahana di Pantai Kartini yang mangkrak (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

Salah satu wahana di Pantai Kartini yang mangkrak (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

 MuriaNewsCom, Jepara – Sejumlah wahana bermain di Pantai Kartini dalam kondisi rusak dan tidak dapat berfungsi dengan baik alias mangkrak. Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jepara Zamroni Listiaza mengatakan, rencananya tahun ini akan ada perbaikan.

Menurutnya, perbaikan akan dilakukan pada sejumlah wahana bermain, terutama untuk waterboom dan seluncuran yang ada di depan tulisan Pantai Kartini. Selain itu juga, ada beberapa wahana lain yang juga akan diperbaiki.

“Tahun ini kita akan kucurkan Rp 2 miliar lebih untuk memperbaiki dan penambahan fasilitas,” kata Zamroni, Senin (25/4/2016).

Lebih lanjut dia menerangkan, tahun ini, wahana yang direncanakan akan diperbaiki yakni waterboom, pengecatan kura-kura, peningkatan area parkir, dan sejumlah wahana lain. Sementara, untuk wahana komidi putar yang dipastikan tidak beroperasi, akan dibuat gazebo.

“Mengenai pedagang kaki lima (PKL) di dalam area wisata, PKL yang ada sudah tertata. Sehingga, anggaran yang ada itu, nantinya tidak ada peruntukkan  bagi penataan PKL,” katanya.

Proyek perbaikan, direncanakan akan dimulai Mei. Karena memang bukan proyek besar, dimungkinkan pengerjaan hanya akan memakan waktu tiga bulan.

Dari pengamatan di lapangan, sejumlah fasilitas dan infrastruktur di Pantai Kartini memang mengalami kerusakan. Area parkir kurang tertata rapi, serta lantai keramik bagian depan dekat area masuk kawasan wisata mengalami kerusakan.

Sejumlah wahana seperti air mancur dan kolam renang dekat pantai tidak berfungsi. Kolam, bahkan nampak kumuh dan penuh sampah. Wahan seluncuran air keropos dan tak utuh di sejumlah bagian.

Baca juga : Wisatawan Keluhkan Banyak Wahana Bermain di Pantai Kartini Mangkrak 

Editor : Kholistiono