Potensi Kedelai dan Jagung Grobogan Terus Digencarkan

Para orang tua wali murid LPIT Ilma Nafia sedang beraksi menciptakan produk minuman berkualitas dari bahan kedelai dan jagung. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Para orang tua wali murid LPIT Ilma Nafia sedang beraksi menciptakan produk minuman berkualitas dari bahan kedelai dan jagung. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Momen Hari Kartini yang jatuh 21 April lalu dimanfaatkan Majelis Silaturahmi Guru dan Orangtua Wali Murid (Masigo) Lembaga Pendidikan Islam Terpadu (LPIT) Ilma Nafia di Kecamatan Godong untuk mengangkat pamor kedelai dan jagung. Dua komoditas pertanian yang selama ini jadi andalan di Grobogan. Caranya, dengan menggelar lomba kreasi minuman sehat dengan bahan dasar dari kedelai dan jagung.

“Seperti kita ketahui, produk jagung dan kedelai disini melimpah. Nah, kami mencoba untuk memberikan tantangan untuk menciptakan minuman dari dua bahan tersebut,” kata Ketua Masigo LPIT Ilma Nafia Godong Siti Zamrotun.

Menurutnya, selama ini, jagung dan kedelai memang sudah dimanfaatkan untuk beragam produk konsumsi. Namun, kebanyakan adalah jenis makanan atau camilan. Sementara untuk produk minuman yang terbuat dari jagung dan kedelai belum begitu banyak.

“Lomba kreasi minuman sehat ini diikuti 22 tim. Masing-masing tim terdiri dari 2 orang. Untuk juri kita ambilkan dari orang yang kompeten dibidangnya. Selain itu, kami juga bikin lomba kreasi jilbab,” bebernya.

Tujuan utama lomba kreasi ini bukan berorientasi mencari juara. Tetapi, menggerakkan minat dan kemauan ibu-ibu untuk selalu berkreasi dengan kegiatan positif dengan memanfaatkan bahan yang murah dan mudah didapat.

Harapannya, produk yang diciptakan nantinya bisa terus dikembangkan. Baik untuk konsumsi keluarga maupun untuk usaha kecil. Dengan demikian, produk itu bisa bermanfaat dan menambah pendapatan.

Editor : Akrom Hazami