Yuk Ikutan GAUL! Biar Lingkungan Tetap Asri

Salah satu gerakan aksi untuk lingkungan(MuraiNewsCom/Rifqi Gozali)

Salah satu gerakan aksi untuk lingkungan(MuraiNewsCom/Rifqi Gozali)

 

MuriaNewsCom, Blora – Masih minimnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya, ternyata cukup sulit untuk mengatasinya. Karena, hal itu seolah sudah menjadi kebiasaan buruk.

Wahyu Agustin, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Blora mengungkapkan, terkait hal itu, pihaknya mendorong warga agar senantiasa bisa menjaga lingkungan mulai dari hal kecil, seperti membuang sampah pada tempatnya.

“Kesadaran warga akan membuang sampah pada tempatnya memang perlu ditingkatkan,” ujarnya kepada MuriaNewsCom (22/4/2016).

Ia pun mengutarakan ide, bahwa dalam menjaga kelestarian lingkungan, dirinya menyarankan, agar masyarakat bisa melakukangerakan aksi untuk lingkungan (GAUL). Yakni, gerakan yang mendorong masyarakat untuk membersihkan lingkungan sekitar, baik lingkungan kerja maupun lingkungan tempat tinggal.“Kami beserta kawan-kawan di BLH telah melakukan hal tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, sudah saatnya bagi siapapun untuk ikut merawat bumi dengan aksi nyata. Ia mencontohkan dengan hal terkecil, yakni dari diri sendiri agar tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu, ia juga menyarankan agar siapapun bisa menanam pohon, baik pohon berbuah maupun pohon peneduh.

“Yang tak kalah penting adalah ikut merawat tanaman dan tidak menebang tanaman secara sembarangan. Karena hal itu bisa memicu kerusakan kelestarian alam. Kemudian, untuk ibu-ibu juga, kalau belanja jangan dibiasakan menggunakan plastik. Lebih bagus membawa tas belanja dari rumah,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono