Jalan-jalan ke Gua “Sempol Seno” Peninggalan Semar di Kedumulyo Pati

uplod jam 20 tempat wisata gua sempol (e)

 

MuriaNewsCom, Pati – Tak ada yang mengira bila jarak 150 meter dari Gua Wareh di Desa Kedumulyo, Sukolilo, terdapat gua yang diyakini warga setempat sebagai peninggalan Semar. Bentuknya yang mirip paha tokoh pewayangan Bima, membuat gua ini dinamakan warga setempat sebagai Sempol Seno.

Sejumlah warga juga mengenal gua ini dengan Gua Telemburan. Kondisinya yang tak terawat membuat gua hasil kekayaan Pegunungan Kendeng ini sepi pengunjung.

Ashari, warga setempat kepada MuriaNewsCom, Sabtu (23/4/2016) mengatakan, pengunjung rata-rata sekadar mampir setelah menikmati sejuknya udara di Gua Wareh. Gua Sempol Seno inipun akhirnya tak pernah jadi jujugan utama.

“Pengunjung biasanya mampir, setelah dari Gua Wareh. Rata-rata pengunjung masih dari warga sekitar, lokal Pati, dan sejumlah daerah lain seperti Grobogan, Kudus, dan Jepara,” tutur Ashari.

Ada yang berbeda antara Gua Wareh dan Gua Sempol Seno. Gua yang berada di persimpangan jalan desa ini lebih kering dengan langit-langit gua yang mengembun. Beda halnya Gua Wareh yang kaya akan air jernih menetes dari atas langit gua dengan derasnya.

Warga setempat pun tak sanggup bila harus merawat Gua Sempol Seno, karena keterbatasan anggaran dan ide wisata. Mereka lebih memilih membiarkan gua itu apa adanya.

Editor : Akrom Hazami