HARI KARTINI : Srikandi Polres Pati Layani Masyarakat dengan Kebaya

upload jam 17 polres polwan kebaya (e)

Polwan yang bertugas di Samsat Pati mengenakan kebaya untuk memeringati Hari Kartini. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Polisi wanita (polwan) pada Polres Pati melayani masyarakat dengan mengenakan kebaya. Hal itu untuk memeringati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April.

Mereka tampak anggun saat memberikan pelayanan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), surat izin mengemudi (SIM), STNK dan BPKB, hingga layanan penerimaan bintara baru. Bahkan, penyidik Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Pati juga mengenakan kebaya.

Kapolres Pati AKBP R Setijo Nugroho mengatakan, Kartini merupakan sosok pencerah jiwa bangsa, terutama wanita. Karena itu, inspirasinya diharapkan bisa menjadi teladan bagi polwan di jajaran Polres Pati.

“RA Kartini punya karakter yang lembut tapi berani, tegas, tekun, dan disiplin. Kami berharap agar polwan bisa meneladani sifat dan karakter RA Kartini,” ujar Setijo, Kamis (21/4/2016).

Ia mengatakan, sejumlah polwan yang mengenakan kebaya diharapkan tak sekadar seremonial saja, tetapi juga bisa meniru keteladanan RA Kartini. “Penggunaan seragam kebaya memang hari ini saja. Hal itu untuk mengingatkan kepada polwan supaya bisa mencontoh keteladanan RA Kartini,” pungkasnya.

Editor : Akrom Hazami