HARI KARTINI : Kenang RA Kartini, Ini yang Dilakukan Siswa SMAN 1 Bangsri Jepara

f-upload jam 18, sman 1 bangsri (e)

Siswa SMAN 1 Bangsri sedang bermain dakon (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Memperingati Hari Kartini, siswa SMAN 1 Bangsri, Jepara menggelar sejumlah lomba yang ada kaitannya dengan kehidupan RA Kartini. Itu dilakukan untuk mengenang kembali kehidupan sosok pahlawan emansipasi yang penuh inspirasi itu.

Kepala SMAN 1 Bangsri Nur Yahya mengemukakan, beberapa lomba yang digelar untuk mengenang RA Kartini adalah lomba permainan dakon, kemudian membatik, menyulam, merangkai bunga hingga lomba masak menu masakan RA Kartini.

“Ada beberapa lomba yang kami gelar untuk siswa. Lomba-lomba itu erat kaitannya dengan kehidupan RA Kartini semasa hidupnya,” ujar Nur Yahya kepada MuriaNewsCom, Kamis (21/4/2016).

Menurut dia, melalui lomba tersebut, diharapkan siswa di SMAN 1 Bangsri mampu mengenal lebih dekat dengan RA Kartini. Kemudian mampu mendapatkan inspirasi dan selanjutnya dapat diambil hikmahnya dalam menjalani kehidupan mereka.

“Selain itu juga, diharapkan siswa mengetahui karya Kartini, seperti permainan dakon itu yang dulu dilakukan RA Kartini,” katanya.

Dia menambahkan, khusus untuk permainan dakon sendiri, itu merupakan permainan tradisional yang sudah tidak banyak masyarakat yang mengetahui dan melakukannya. Untuk itu, tujuannya jelas memberikan edukasi kepada siswa mengenai budaya dan tradisi masa lampau yang harus dilestarikan.

“Sedangkan untuk lomba menu masakan RA Kartini, siswa diminta mengaplikasikan menu-menu masakan RA Kartini yang ada di salah satu buku,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang siswi yang mengikuti lomba, Natia mengaku senang bisa mengikuti lomba yang erat kaitannya dengan pahlawan nasional tersebut. Sebab, selama ini dia menjadi penggemar pahlawan yang lahir di Kota Ukir itu.

“Senang bisa ikut berpartisipasi dalam lomba. Semoga semangat RA Kartini bisa selalu menjadi inspirasi buat saya,” ucapnya.

Editor : Kholistiono