HARI KARTINI : Begini Potret Kamar Pingit Kartini di Pendapa Kabupaten Jepara

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi menunjukkan kamar pingit RA Kartini (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi menunjukkan kamar pingit RA Kartini (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Sosok pahlawan nasional RA Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April tidak lepas dari kota kelahirannya Jepara. Ya, pahlawan emansipasi ini masa hidupnya banyak dihabiskan di Kota Ukir. Salah satu yang menjadi saksi bisu kehidupan Kartini adalah di kamar pingitnya yang terletak di Pendapa Kabupaten Jepara.

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi memperkenalkan lebih dekat mengenai beberapa barang peninggalan Kartini yang ada di Jepara, terutama yang terletak di Pendapa Kabupaten Jepara. Menurut Marzuqi, kamar berukuran tidak lebih dari 12 meter persegi dengan warna cat kuning kecokelatan itu, dulu merupakan tempat Kartini dipingit.

“Masih ada banyak barang peninggalan RA Kartini di Jepara. Salah satu yang tidak berubah adalah kamar pingitnya di sini,” ujar Marzuqi kepada MuriaNewsCom sambil menunjukkan seisi kamar pingit RA Kartini tersebut, Kamis (21/4/2016).

Menurut dia, di dalam kamar pingit Kartini, selain terdapat replika ranjang tidur, meja kursi, dan lukisan Kartini, juga terdapat sejumlah replika benda-benda yang digunakan Kartini untuk berkarya.

“Ada replika yang digunakan oleh beliau (RA Kartini) untuk berkarya, seperti peralatan untuk membatik. Sebab, dulu RAKartini tidak hanya menulis tetapi juga membatik,” terang Marzuqi.

Marzuqi yang sejak menjabat sebagai Bupati Jepara tinggal di Pendapa Kabupaten yang didalamnya terdapat kamar pingit RA Kartini itu, mengaku belum pernah mimpi bertemu Kartini. Menurut dia, hanya orang-orang tertentu yang dapat bermimpi bertemu dengan Kartini.

“RA Kartini bagi saya sangat istimewa dan hebat. Beliau seperti sosok seorang utusan. Ada hal-hal yang sebentulnya mirip dengan ke-Rasulan Nabi, seperti tanggal lahir beliau adalah 21 April, sehari setelah kelahiran Nabi Agung Muhammad SAW. Sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang bisa bermimpi ketemu beliau,” ungkapnya.

Editor : Kholistiono