Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Canangkan Perumahan Nelayan di Desa Kedung Malang Jepara

upload sekarang meneteri pu (e)

Menteri PU dan Perumahan Rakyat secara simbolis melakukan Pencanangan Pembangunan Perumahan Rakyat (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat BasukiHadi Mulyono melakukan pencanangan pembangunan rumah nelayan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Kedung, Jepara, Sabtu (16/4/2016). Selain itu, Menteri Perindustrian dan Dirjen Perikanan dan Kelautan juga hadir dalam pencanangan tersebut.

Pencanangan rumah nelayan ini diikuti ratusan warga dan nelayan di desa setempat. Rombongan menteri datang ke lokasi setelah mengikuti pembukaan agenda hari ini di Jepara yang digelar di Pendapa Kabupaten Jepara.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Mulyono mengatakan, saat ini sedang diprioritaskan oleh pemerintah program perumahan, terutama perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

“Kami juga bekerjasama dengan instansi lain untuk melancarkan program-program perumahan rakyat. Seperti keringanan untuk uang muka dan kredit yang murah,” ujar Basuki, Kamis (16/4/2016).

Hari ini pihaknya mencanangkan rumah khusus nelayan ini. Mengenai siapa yang memiliki hak untuk menghuni, akan dipasrahkan kepada Pemkab Jepara. Diharapkan nantinya dapat berjalan lancar.

“Mungkin nanti bisa perumahan disentralkan menjadi ikon khusus untuk Jepara. Seperti di Batam itu khusus film, dan beberapa kota di luar negeri seperti itu,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, rumah khusus nelayan sudah banyak dibangun. Kali ini akan dicanangkan rumah nelayan di Jepara yang rencananya 200 rumah akan direalisasikan 30 an rumah dulu.

Sementara itu, Wakil Bupati Jepara Subroto mengatakan, diharapkan keterisoliran Jepara terbuka, jalan provinsi ditingkatkan jadi jalan nasional dan beberapa jalan kabupaten menjadi jalan provinsi. Itu tentu saja memperpendek jarak ke Semarang yang selama ini 3 jam bisa kurang dari 2 jam dengan melewati Kecamatan Kedung.

“Dengan begitu, Desa Kedung Malang sudah bisa dijadikan pelabuhan perikanan terpadu. Itu sudah dimasukkan dalam 53 skala prioritas pembangunan nasional. Sehingga diharapkan dapat segera terealisasi,” ungkapnya.

Dia menambahkan, Kecamatan Kedung ini menjadi pusat nelayan tapi juga menjadi kantong kemiskinan di Jepara. Sehingga, harapannya kedepan dapat teratasi masalah kemiskinan tersebut melalui program-program pemerintah itu.

Editor : Kholistiono