Progam Pembuatan Akta Kelahiran Bagi Bayi yang Dilahirkan di RSUD Kudus Dimulai Mei 2016

akta kelahiran

Ilustrasi

 

MuriaNewsCom, Kudus – Saat ini ibu yang mau melahirkan tidak perlu pusing memikirkan administrasi dalam pengurusan akta kelahiran, RSUD dr Loekmono Hadi Kudus menggulirkan perogram baru, membuat akta kelahiran. Setiap bayi yang lahir, nantinya sudah langsung bisa mengantongi akta kelahiran dan perubahan kartu keluarga (KK). Program ini rencananya dimulai bulan Mei depan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kudus Hendro Martoyo mengatakan, mengenai teknis secara detail masih dalam proses pembahasan. Karena, hal itu menyangkut data arsip.

”Orang melahirkan ada yang malam hari dan terkadang keesokan harinya sudah pulang, untuk pengurusan administrasinya juga seperti apa dipersilahkan untuk memilih,”katanya.

Menurutnya, progam tersebut merupakan progam yang bagus. Pihak Disdukcapil juga mendukung adanya terobosan tersebut, lantaran membantu masyarakat dalam mengurus akta kelahiran dan KK.

Dia mengakui, kalau kerja sama sudah dibicarakan, dan sedang dibahas serta sudah dilakukan untuk mematangkan gagasan tersebut.

Mengenai teknis, rencananya akan disiapkan petugas yang bersiap di RSUD dr Loekmono Hadi Kudus. Sehingga, dalam memasukkan data bisa lebih mudah, dan tinggal mencetaknya saja. “Kita tunggu saja bulan depan, mudah – mudahan dapat berjalan dengan baik sebagai bentuk pelayanan,” ungkapnya.

Editor : Kholistiono