Ratusan Peserta Antusias Ikuti Jepara Batik dan Tenun Festival

f-upload jam 1720  festival kartini (e)

Para peserta yang mengikuti Jepara Batik dan Tenun Festival (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Jepara ke-467, Pemkab Jepara menggelar sejumlah kegiatan yang dikemas dalam Festival Kartini. Salah satu kegiatan yang cukup meriah adalah Jepara Batik dan Tenun Festival, yang digelar di Gedung Wanita Jepara, Rabu (13/4/2016).

Acara bernuansa fashion show ini diikuti ratusan peserta yang terbagi dalam dua sesi dengan empat kategori. Sesi pertama untuk kategori satu diikuti balita dan kategori dua diikuti anak usia 6 sampai 9 tahun.

“Sesi pertama dilaksanakan siang hari, dan untuk sesi kedua malam nanti,” ujar Koordinator Acara Indria Mustika kepada MuriaNewsCom, Rabu (13/4/2016).

Menurutnya, sesi kedua akan digelar pada malam hari untuk kategori tiga dan empat. Kategori tiga untuk peserta usia 10 hingga 14 tahun, sedangkan untuk kategori empat dengan peserta berusia diatas 15 tahun.

“Kegiatan seperti ini dilaksanakan rutin setiap tahun. Tujuannya untuk mencari bibit-bibit yang memiliki kreatifitas tinggi dalam bidang fashion,” ungkapnya.

Selain itu, tujuan yang tak kalah penting juga sebagai wahana promosi batik dan tenun khas Jepara. Untuk itu, pada kesempatan ini peserta diwajibkan mengenakan batik dan tenun Jepara.

“Untuk kategori satu, dua dan tiga, tema bajunya adalah pesta. Sedangkan untuk kategori empat atau diatas 15 tahun pakaiannya kebaya,” terangnya.

Dia menambahkan, kegiatan ini untuk semua peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Sedangkan untuk hadiahnya akan diserahkan pada puncak acara. Para peserta yang memperoleh juara akan diminta tampil dalam puncak acara Festival Kartini.

Editor : Kholistiono