Siswa SMA 2 Kudus Rela Datang 3,5 Jam Lebih Awal untuk Ikuti UNBK

Siswa sedang mengikuti UNBK (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Siswa sedang mengikuti UNBK (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) hari ini merupakan yang terakhir. Namun, semangat siswa untuk mengikuti UNBK masih tetap tinggi. Bahkan, siswa rela datang 3,5 jam lebih awal untuk mengikuti UNBK di hari terakhir ini.

Kepala SMA 2 Kudus S Haryoko mengatakan, jika UNBK dibagi dalam tiga sesi. Yakni, untuk sesi pertama dilaksanakan mulai pukul 7.30 WIB, kemudian sesi kedua pukul 10.30 WIB dan sesi ketiga dimulai pukul 13.30 WIB.

“Kalau untuk UNBK ini kan memang dibagi tiga sesi, jadi bergantian. Sehingga, siswa yang sebenarnya masuk siang, juga ikut datang lebih awal. Mereka memanfaatkan waktu yang kosong tersebut untuk mempersiapkan diri dengan belajar di perpustakaan,” ujarnya.

Ia katakan, total peserta yang mengikuti UNBK di SMA 2 Kudus sebanya 325 siswa. Kemudian, untuk ruang yang digunakan sebanyak empat ruang. Untuk ruang pertama tersedia 25 komputer, ruang dua 25 komputer, ruang tiga 30 komputer dan ruang empat 29 komputer.

“Dari empat ruang yang digunakan, kami juga menggunakan dua laboratorium untuk melangsungkan UNBK ini. Karena memang ini UNBK kali pertama,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, persiapan sekolah sudah maksimal. Mulai dari try out, pembelajaran khusus atau les, serta fasilitas lainnya di perpustakaan.

“Kami juga menyediakan dua genset, untuk mengantisipasi kalau ada pemadaman listrik. Sebab, ketika listrik mati, maka proses UNBK akan terhambat,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia katakan, UNBK tingkat SMA dilaksanakan selama enam hari, yakni mulai 4-7 April dan kemudian disambung pada 11-12 April.

Editor : Kholistiono