Ih..Baik Sekali, Dinas Bina Marga Pengairan dan ESDM Jepara Mau Tanggung Biaya Ratusan LPJU ‘Ilegal’

upload jam 1830 lpju 1 (e)

Petugas sedang memperbaiki lampu penerangan jalan umum di salah satu ruas jalan utama (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Setelah melakukan koordinasi dengan pihak terkiat, Bidang ESDM pada Dinas Bina Marga Pengairan dan ESDM Jepara mendapatkan laporan bahwa ada ratusan lampu penerangan jalan umum (LPJU) yang illegal. Mayoritas LPJU yang illegal berada di jalan-jalan yang berstatus sebagai jalan desa.

Kabid ESDM, Ngadimin menjelaskan, ada ratusan LPJU di Kabupaten Jepara yang illegal. Semuanya merupakan lampu yang dipasang oleh warga yang ingin menerangi jalan yang berada di wilayahnya.

“Niat warga itu sangat bagus. Sebab, mereka secara suka rela membeli peralatan. Makanya kami melarang PLN untuk merazia lampu-lampu itu, nantinya kami yang akan menanggung biaya listriknya,” ujar Ngadimin kepada MuriaNewsCom, Senin (11/4/2016).

Menurut dia, dalam laporan yang dia terima ada 400 lebih LPJU yang illegal. Pihaknya memberikan solusi agar lampu tersebut tak dibuang. Tapi dilegalkan dengan cara dimeterisasi.

“Kami usulkan agar LPJU tersebut tak diambil. Tapi dipasang meteran. Setelah dilakukan meteran, selanjutnya LPJU tersebut dilegalkan menjadi aset daerah,” ungkapnya.

Alasan pihaknya menerapkan kebijakan tersebut lantaran lampu tersebut memang dibutuhkan oleh masyarakat. Selain itu, masyarakat sudah mendanai sendiri pengadaan dan pemasangan lampu tersebut. Hanya saja, kemungkinan memang tak semuanya akan dimeterisasi dan dimasukkan aset daerah. Harus dilihat terlebih dahulu apakah lampu tersebut memang dibutuhkan sebagai penerangan umum atau tidak.

Editor : Kholistiono