KPU Ingin Banyak Calon Bupati Jepara Bermunculan

pilkada_01

 

MuriaNewsCom, Jepara – Suhu politik di Kabupaten Jepara menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2017 sudah mulai terasa memanas. Sejumlah figur telah mendeklarasikan diri bakal mencalonkan diri.

Mulai ramainya bursa pencalonan tersebut diapresiasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara selaku penyelenggaraan Pilkada tersebut. KPU Jepara meyakini jika kian banyak calonnya, maka kualitas demokrasi akan kian baik.

“Sebab masyarakat makin memiliki lebih banyak pilihan. Kondisi ini membuat masyarakat lebih jeli dan berusaha mengenali satu per satu calon. Berbeda dengan hanya satu atau dua pasang calon. Masyarakat tak banyak punya pilihan,” ujar Ketua KPU Jepara, M Haidar Fitri.

Menurutnya, kualitas demokrasi bakal jauh lebih berkualitas lagi jika ada figur yang mau mencalonkan diri melalui jalur independen. Itu untuk memberikan wadah bagi suara masyarakat yang mungkin bosan dengan figur dari partai politik (Parpol).

Hal senada juga dikatakan Subhan Zuchri, salah satu anggota KPU Jepara. Menurut dia, keinginan masyarakat Jepara jelas agar Pilkada nanti mampu memunculkan pemimpin yang berintegritas dan mampu membawa perubahan yang jauh lebih baik tak sekadar klise.

“Alasannya, biaya untuk mengantarkan dua tokoh ke kursi nomor satu dan dua, tak murah,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, Pemkab Jepara menyepakati anggaran sebesar Rp 25 miliar lebih dikucurkan untuk membiayai tahapan Pilkada, melalui dua kali anggaran. Sebagian cair tahun ini. Sebagian dicairkan melalui APBD 2017. Biaya sebesar itu dikeluarkan oleh rakyat untuk membiayai prosesi pergantian kepemimpinan Jepara selama lima tahun ke depan.

Tak hanya mereka, harapan agar lahirnya pemimpin yang akan bisa membawa Jepara ke arah yang lebih baik disampaikan Samsul Arifin, salah satu pengusaha sekaligus pengurus Nahdlatul Ulama cabang Jepara 2015-2016. Menurutnya, harapan itu selalu ada. Dia meyakini dengan segala modal yang ada, Jepara akan lebih baik.

“Harapan publik tentu saja seperti itu, biaya untuk pilkada tidak sedikit jadi harus menghasilkan yang terbaik,” imbuhnya.

Editor : Akrom Hazami