Siswa Pati Diberi Kemudahan Berwisata

Ratusan siswa tampak menikmati indahnya pemandangan Waduk Gunung Rowo di Desa Sitiluhur, Gembong. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Ratusan siswa tampak menikmati indahnya pemandangan Waduk Gunung Rowo di Desa Sitiluhur, Gembong. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Naura Tour bekerja sama dengan pemkab Pati meluncurkan program “One Day Pati Exotic Tour”. Selain untuk mendongkrak potensi wisata di Bumi Mina Tani, program tersebut menjadi cara bagi pemkab untuk meningkatkan ekonomi masyarakat lokal.

Direktur Naura Tour, Shinta Amarawati Widyaningrum mengaku optimistis program tersebut bakal mendongkrak potensi wisata dan ekonomi warga, serta menimbulkan multiplayer effect di daerah sekitar wisata.

“Banyak orang Pati yang keluar daerah untuk wisata. Padahal, Pati itu punya potensi wisata yang besar. Kalau warga Pati suka dengan potensi wisatanya sendiri, ekonomi warga setempat bisa maju. Timbul multiplayer effect, masyarakat juga berdaya,” ujar Shinta kepada MuriaNewsCom, Rabu (6/4/2016).

Program One Day Pati Exotic Tour sendiri merupakan program wisata sehari di Kabupaten Pati yang melibatkan pelajar, mulai dari SD, SMP, hingga SMA. Mereka diajak mengelilingi objek wisata di Pati seperti Kebun Jolong, Waduk Gunung Rowo, Genuk Kemiri, dan Pasar Unggulan Pragola.

Setiap siswa dikenakan biaya Rp 85 ribu dengan mendapatkan beragam fasilitas, mulai dari makanan dan minuman yang disuguhkan di tempat wisata setempat, serta voucher untuk mendapatkan snack dan minuman di Pasar Pragola. Di Genuk Kemiri, mereka mendapatkan Dawet Pesantenan untuk mengenalkan dawet sebagai sejarah awal berdirinya Kabupaten Pati.

“Peluncuran pertama, sudah ada 552 pelajar yang ikut program ini. Mereka tampak ceria mengikuti program wisata sehari, mulai dari pengenalan kopi di Kebun Jolong, keindahan alam waduk, sejarah Pati di Genuk Kemiri, hingga produk-produk unggulan khas Pati di Pasar Pragola,” imbuhnya.

Program itu diakui sebagai tahap awal untuk mengenalkan potensi wisata di Pati. Selanjutnya, pihaknya akan mencari lokasi wisata lain yang dianggap punya sejuta potensi seperti Gua Pancur, dan lainnya.

Editor : Akrom Hazami