Selamat! Inilah 5 Kades Terpilih dalam Pilkades Serentak 2016

Beberapa pendukung membawa spanduk salah satu calon kades (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Beberapa pendukung membawa spanduk salah satu calon kades (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 2016 yang berlangsung di 5 desa di Kudus, berlangsung lancar. Dari hasil pemungutan suara yang berlangsung hari ini, sudah muncul nama-nama kepala desa terpilh dari masing-masing desa yang melaksanakan pemilihan.

Asisten I Sekda Kudus Agus B Satriyo mengatakan, pilkades kali ini berlangsung dengan lancar dan tertib hingga selesai seperti jadwal yang disusun.

“Pilkades serentak selesai, rata- rata pukul 15.00 WIB. Selesainya hampir bersamaan, karena pukul 13.00 semuanya sudah melakukan penghitungan suara,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Ia katakan, pada pelaksanaan pilkades di lima desa ini, ada beberapa calon incumbent yang kembali berkuasa. Begitu juga, ada yang mencalonkan diri lagi, tapi kali ini harus rela untuk menjadi masyarakat biasa kembali.

Di Desa Langgar Dalem, Kecamatan Kota misalnya, Moh. Maftukhan kembali memimpin desa setelah menang dalam pilkades kali ini. Dari total pemilih 1.094, dia mampu memperoleh 562 suara, unggul jauh dari dari pesaingnya. Sedangkan lawannya, nomor urut dua, Ahmad Rikhanto memperoleh 257 suara dannomor urut tiga, Ali isro’i mendapatkan 256 suara. Sedangkan 19 suara dinyatakan tidak sah.

Hal serupa juga terjadi di Desa Kaliputu. Pada pilkades kali ini, dimenangkan Suyadi yang merupakan incumbent, dengan perolehan suara 1065. Sedangkan lawannya, Moh Solikul Hadi harus puas perolehan suara 531 saja.

Lain halnya dengan Desa Mejobo, Kecamatan Mejobo. Mantan Kades, H. Suhardi harus melepaskan jabatan kades yang sebelumya dimiliki. Sebab, dalam pemilihan kali ini hanya mendapatkan 2.224 suara. Sedangkan lawannya, Moh Abdul Kharis, terpilih menjadi Kades dengan perolehan 3.329 suara.

Kekalahan juga dialami calon incumbent di Desa Hadiwarno. Mantan Kades, Sukamto kalah tipis yang memperoleh suara 1.756. Sedangkan lawannya, Sugiarto menang dengan memperoleh 1.820 suara.

“Kalau Loram Kulon semuanya pendatang baru, sebab kades lama tidak boleh mencalonkan diri lantaran sudah dua periode,” ujarnya.

Untuk Desa Loram Kulon, kades terpilih adalah Muhammad Syafii yang memperoleh 2.145 suara, sedangkan lawannya, Masasih kalah dengan 308 suara. Ashadi calon ketiga juga kalah dengan 2.139 suara.

Editor : Kholistiono