Penyerahan Syarat Pencalonan Dilakukan Juli

Pilkada Jepara

 

MuriaNewsCom, Jepara – Meski saat ini para calon bupati maupun wakil bupati yang hendak maju di Pilkada Jepara 2017 sudah mulai bermunculan, namun sejauh ini mereka hanya perlu mempersiapkan diri terlebih dahulu.

Pasalnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara belum membuka tahapan pilkada secara resmi. Tahapan itu baru akan dimulai kurang lebih tiga bulan lagi.

Ketua KPU Jepara M Haidar Fitri menjelaskan, sampai saat ini jadwal tahapan pilkada secara resmi belum ada. Hanya saja, berdasarkan perkiaraan, pada 16 -30 Juli dilakukan penyerahan syarat dukungan, dan selanjutnya dilakukan verifiasi faktual.

”Jika sudah memenuhi syarat dan kuota, selanjutnya akan ditetapkan sebagai pasangan calon pada 30 September. Tiga hari sesudah penetapan, baru proses kampanye,” kata Haidar kepada MuriaNewsCom, Senin (4/4/2016).

Sementara untuk proses pengenalan yang dilakukan di luar masa kampanye, menurut Haidar, hendaknya dilakukan sosialisasi sebagai bentuk pengenalan terlebih dahulu.

Tapi Haidar mengingatkan agar tidak ada bau kampanye dalam sosialisasi yang dilaksanakan mereka yang hendak mencalonkan diri. Serta harus taat pada Perda K3.

”Selain itu, untuk surat pernyataan dukungan, hendaknya menggunakan formulir resmi dari KPU. Sebab hanya formulir itu yang sah,” imbuhnya.

Editor: Merie