Hotel di Pinggir Pantai di Jepara Juga Ramai pada Libur Panjang ini

Salah satu hotel di Jepara yang terletak di kawasan pantai Bandengan yang ramai pengunjung pada liburan kali ini. (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz zaman)

Salah satu hotel di Jepara yang terletak di kawasan pantai Bandengan yang ramai pengunjung pada liburan kali ini. (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz zaman)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Tidak hanya di Kepulauan Karimunjawa yang ramai dikunjungi wisatawan. Sejumlah penginapan seperti hotel dan yang lainnya juga ramai diisi oleh wisatawan, terutama penginapan yang berada di pinggir pantai.

Hal itu seperti yang dikatakan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Jepara, Sigit Nugroho. Menurut dia, pada musim libur panjang akhir pekan ini terjadi lonjakan okupansi.

”Ada peningkatan tingkat hunian, tapi khususnya hotel dan penginapan yang berada di sekitar pantai. Sementara untuk hotel yang berada di kawasan kota biasa saja,” kata Sigit.

Menurut Sigit, ramainya pengunjung memang hanya terjadi di hotel dan penginapan yang berada di kawasan tepi pantai. Hal itu terjadi karena para pengungjung ingin melihat dan menikmati suasana pantai selama libur panjang ini.

Seperti diketahui di wilayah Kabupaten Jepara terdapat banyak penginapan misalnya hotel yang berada di pinggir pantai. Untuk di kawasan pantai Kartini dan pantai Bandengan misalnya, ada sejumlah penginapan baik hotel maupun yang lainnya, yang banyak diisi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Kondisi ini juga terjadi di wilayah Kepulauan Karimunjawa. Pengelola biro perjalanan wisata Karimunjawa, Djati Utomo mengatakan, pada libur panjang akhir pekan kali ini diserbu wisatawan. Lonjakan kunjungan wisatawan mencapai 200 persen.

Selama sehari kemarin saja, lanjutnya, tercatat lebih kurang 900 wisatawan berkunjung ke Karimunjawa. Biasanya, pada musim libur akhir pekan, jumlah wisatawan yang berkunjung ke wilayah terluar Kabupaten Jepara itu tidak lebih dari 300 wisatawan setiap harinya.

Editor : Titis Ayu Winarni