Ini Cara yang Dilakukan Kesbangpol Jateng Agar Masyarakat Melek Politik

Diskusi bertajuk "Pilkada Sukses untuk Kesejahtraan Rakyat" di Hotel Gryptha Kudus (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Diskusi bertajuk “Pilkada Sukses untuk Kesejahtraan Rakyat” di Hotel Gryptha Kudus (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Tengah mengadakan diskusi bertajuk “Pilkada Sukses untuk Kesejahtraan Rakyat” di Hotel Gryptha Kudus, pada Kamis (24/3/2016).

Kasubid Pemilu, Pendidikan dan Budaya Politik Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah Haerudin mengatakan, kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya untuk memberikan pendidikan politik terhadap masyarakat. Baik itu tokoh agama, LSM, tokoh pemuda, mahasiswa dan lain sebagainya.

Dia katakan, kegiatan ini diikuti tokoh agama, LSM, tokoh pemuda dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Di antaranya, Kudus, Jepara, Blora, Rembang, Demak, Pati, Grobogan danSemarang.

“Saya berharap, kegiatan ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat. Karena, melalui kegiatan seperti ini pula, masyarakat bisa lebih faham mengenai pendidikan politik dan bagaimana proses demokrasi yang benar. Nantinya, hal ini juga bisa diteruskan kepada masyarakat di masing-masing daerah asal,” ujarnya.

Lebih lanjut ia katakan, pendidikan politik tak hanya ketika ada pilkada saja. Namun, pesta demokrasi lain, seperti pemilu presiden, pemilu legislatif dan pilkades juga bisa menjadi pendidikan politik. Katanya, apabila dalam proses-proses demokrasi seperti itu dapat dijalankan dengan baik, maka kesejahteraan rakyat bisa tercapai.

Kemudian, terkait munculnya trend relawan pada proses pemilihan kepala daerah yang kini sudah mulai marak, pihaknya memberikan apresiasi. Apalagi, menurutnya, relawan-relawan tersebut merupakan anak-anak muda.

“Saya kira, adanya relawan-relawan ini merupakan bagian dari proses demokrasi dan proses politik. Mereka ini, nantinya akan menjalankan perannya dalam berpolitik, di antaranya memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai calon kepala daerah yang diusungnya,” katanya.

Editor : Kholistiono