Selama Proses Docking, Tak Ada Kapal Pengganti KMP Siginjai untuk Melayani Rute Jepara-Karimunjawa

Aktifitas bongkar muat barang dari kapal nelayan di kawasan Dermaga Kartini Jepara (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

Aktifitas bongkar muat barang dari kapal nelayan di kawasan Dermaga Kartini Jepara (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Kapal KMP Siginjai yang biasa melayani penyeberangan Jepara – Karimunjawa telah mulai dilakukan perbaikan atau docking. Akibatnya, alat transportasi laut ke wilayah terluar Kabupaten Jepara itu berkurang. Meski begitu, selama proses docking, dipastikan tidak ada kapal pengganti KMP Siginjai.

Hal itu dikatakan Kabid Perhubungan Laut pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Jepara Sutana. Menurut dia, mengenai kemungkinan untuk mendatangkan armada transportasi baru sebagai pengganti sementara KMP Siginjai, Sutana menegaskan, tidak ada.

“KMC Kartini sebenarnya diharapkan mampu sedikit bisa membantu. Tapi dari informasi yang kami dapat, KMC Kartini tengah mengalami kerusakan mesin. Informasinya KMC Kartini juga akan docking,” ujar Sutana kepada MuriaNewsCom, Rabu (23/3/2016).

Menurut dia, sementara untuk kemungkinan ada penumpukan barang dan logistik, Sutana menjamin tidak ada. Sebab, masih bisa diakomodir oleh kapal barang dari Karimunjawa. Itu didukung dengan kondisi cuaca yang baik dalam beberapa pekan terakhir.

“Untuk pengangkutan barang ke Karimunjawa tidak ada masalah. Masih ada beberapa kapal khusus logistik. Selain itu juga masih ada kapal nelayan yang digunakan untuk angkut barang,” ungkapnya.

Dia menambahkan, KMP Siginjai menjalani proses docking di galangan kapal Surabaya, mulai Senin (21/3/2016) kemarin, dan diprediksi bisa melayani pelayaran Jepara-Karimunjawa baru 20 hari ke depan.

“Mengantisipasi calon penumpang yang tak terangkut dari dan ke Karimunjawa, KMC Express Bahari menambah trip pelayaran, di luar jadwal reguler. Sebab, adanya jadwal docking KMP Siginjai, maka praktis penyeberangan warga menuju dan dari Karimunjawa akan mengandalkan KMC Express Bahari,” imbuhnya.

Editor : Kholistiono