Jadwal Penyeberangan KMC Express Bahari ke Karimunjawa Ditambah

KMC Express Bahari menambah jadwal penyeberangan dari Jepara-Karimunjawa dan sebaliknya (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

KMC Express Bahari menambah jadwal penyeberangan dari Jepara-Karimunjawa dan sebaliknya (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Kapal KMP Siginjai yang biasa melayani penyeberangan Jepara – Karimunjawa telah mulai dilakukan perbaikan atau docking. Akibatnya, alat transportasi laut ke wilayah terluar Kabupaten Jepara itu berkurang. Untuk mengatasi hal itu, jadwal kapal yang masih beropersi yakni KMC Express Bahari ditambah.

Hal itu disampaikan Kabid Perhubungan Laut pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Jepara Sutana. Menurutnya, moda transportasi pelayaran Jepara-Karimunjawa hingga 20 hari ke depan lantaran KMP Siginjai menjalani proses docking di galangan kapal Surabaya, mulai Senin (21/3/2016) kemarin.

“Mengantisipasi calon penumpang yang tak terangkut dari dan ke Karimunjawa, KMC Express Bahari menambah trip pelayaran, di luar jadwal reguler. Sebab, adanya jadwal docking KMP Siginjai, maka praktis penyeberangan warga menuju dan dari Karimunjawa akan mengandalkan KMC Express Bahari,” ujar Sutana kepada MuriaNewsCom.

Lebih lanjut dia mengemukakan, penambahan trip tidak dijadwalkan secara khusus. Tapi kondisional berdasarkan jumlah calon penumpang.

“Karena KMC Express Bahari dikelola swasta, maka kami tentu tak bisa memaksa agar penambahan trip dijadwalkan. Mengenai kebijakan ini kita sudah saling kordinasi. Tidak ada masalah,” terangnya.

Operator KMC Express Bahari, lanjut Sutana, sudah memiliki perhitungan sendiri soal penambahan trip. Kapal khusus penumpang tersebut akan melakukan perjalanan pulang-pergi dari Jepara ke Karimunjawa dan sebaliknya dalam satu hari pada akhir pekan dan awal pekan.

“Karena saat akhir pekan, wisatawan akan membeludak. Itu untuk melayani wisatawan yang menuju dan dari Karimunjawa. Adapun di awal pekan, mengangkut wisatawan yang mungkin tak terangkut saat akhir pekan. Hanya saja, tetap tidak bisa berpatok pada perhitungan itu. Di hari apapun jika memang penumpang membeludak, maka trip pelayaran KMC Express Bahari tetap akan ditambah,” imbuhnya.

Penambahan trip tersebut sudah dilakukan pada Senin (21/3/2016) kemarin. Jumat (25/3/2016), akan kembali diberlakukan, mengingat ada libur panjang.

Editor : Kholistiono