Puluhan Ahli Purbakala BPSMP Sangiran Mulai Lakukan Penelitian di Desa Banjarejo Grobogan

Tim Ahli Purbakala BPSMP Sangiran saat berada di rumah Kades Banjarejo (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Tim Ahli Purbakala BPSMP Sangiran saat berada di rumah Kades Banjarejo (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Janji Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran untuk melangsungkan penelitian di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Grobogan, pada tahun 2016 ini ternyata bukan omong kosong. Hal ini dibuktikan dengan sudah datangnya puluhan ahli purbakala dari BPSM ke desa yang kaya penemuan benda purbakala itu, Selasa (15/3/2016).

“Tim dari BPSMP Sangiran sudah tiba sekitar pukul 10.00 WIB. Jumlah rombongan kali ini cukup banyak,yakni 20 orang,” kata Kades Banjarejo Ahmad Taufik.

Menurutnya, begitu sampai di Banjarejo, rombongan dari Sangiran itu langsung menuju ke rumahnya. Soalnya, semua koleksi benda purbakala yang ditemukan selama beberapa tahun terakhir kebetulan disimpan dirumahnya.

Taufik mengaku sangat lega sekaligus gembira dengan datangnya para pakar purbakala dari BPSMP Sangiran yang akan melangsungkan penelitian hingga dua pekan lamanya. Dengan kegiatan itu, setidaknya akan bisa mengungkap lebih banyak lagi misteri yang ada didesanya.

“Masyarakat Banjarejo sudah menantikan kedatangan ahli purbakala yang akan melangsungkan penelitian disini. Mudah-mudahan, pelaksanaan penelitian nanti berjalan lancar dan bisa mengungkap tabir yang ada di bumi Banjarejo ini,” jelasnya.

Dikatakan, beberapa waktu sebelumnya, sejumlah ahli juga sudah datang ke Banjarejo untuk melakukan observasi lapangan. Antara lain, dari Balai Arkeologi Yogyakarta dan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) berserta Disbudpar Jawa Tengah.

Editor : Kholistiono