Lakukan Penelitian di Banjarejo, Ahli Purbakala dari BPSMP Sangiran Dibagi Dalam 3 Tim Kecil

Tim Ahli Purbakala BPSMP Sangiran saat berada di rumah Kades Banjarejo (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Tim Ahli Purbakala BPSMP Sangiran saat berada di rumah Kades Banjarejo (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Sebanyak 20 orang ahli purbakala dari BPSMP Sangiran yang melakukan penelitian di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus akan dibagi menjadi tiga tim kecil. Masing-masing tim akan melakukan tugas berbeda.

“Nanti, rekan-rekan yang dilapangan akan dibagi jadi tiga tim. Tiap tim, bekerja sesuai spesifikasi yang dimiliki,” ungkap Ketua BPSMP Sangiran Sukronedi.

Dijelaskan, tim pertama akan melakukan penelitian, pengkajian dan mengungkap nilai-nilai penting dari penemuan benda purbakala yang ada di Banjarejo. Misalnya, soal struktur tanah, dan titik penemuan benda purbakala.

Kemudian, tim kedua akan melakukan upaya konservasi, registrasi, dan identifikasi benda purbakala yang sudah ditemukan selama ini. Mereka nanti akan melakukan perawatan terhadap benda purbakala agar awet dan tidak rusak. Beberapa potongan fosil juga akan dikumpulkan sesuai jenis hewannya.

Sedangkan, tim ketiga akan fokus pada pendisplaian dan penataan benda-benda purbakala biar terlihat rapi. Tim ini juga akan membuatkan tulisan singkat berisi cerita tentang benda purbakala tersebut.

“Jadi, personel yang datang ke Banjarejo cukup komplit. Ada ahli arkelogi, kimia, biologi, hingga desain komunikasi visual. Mereka akan melangsungkan penelitian selama dua minggu, terhitung mulai hari ini,” jelas Sukron.

Editor : Kholistiono