Dengan Rp 500 Masyarakat Desa Kaliwungu Mampu Benahi Fasilitas Umum Mandiri

Warga Desa Kaliwungu kerja bakti membersihkan puing bambu lapuk dari angkruk yang roboh. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Warga Desa Kaliwungu kerja bakti membersihkan puing bambu lapuk dari angkruk yang roboh. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Ada yang khas dari cara masyarakat di Desa Kaliwungu untuk memenuhi kebutuhan fasilitas umum. Yaitu dengan iuran Rp 500 dari masyarakat di Desa tersebut yang ditarik setiap malam.

Baca juga : Salut! Masyarakat Desa Kaliwungu Kompak Laksanakan Kerja Bakti

Seperti halnya diungkapkan Ketua RT 2 RW 6 Desa Kaliwungu, Munasri, dia mengungkapkan, selain kerja bakti, masyarakat desanya juga terdapat iuran wajib yang diambil tiap malam.

”Jadi tiap hari ada jimpitan, hanya Rp 500 saja. Hasilnya dikumpulkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Jadi kembali ke masyrakat lagi fungsinya,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Menurutnya, kebutuhan masyarakat yang dimaksud, di antaranya perawatan jalan gang. Biasanya, saat kerja bakti pula, dilakukan pembenahan fasilitas umum yaitu penambahan jalan yang rusak atau berlubang.

Selain jalan, perawatan juga dilakukan untuk lampu penerangan. Lampu penerangan juga fasilitas umum di desa. Sehingga jika lampu mati, maka dapat dilaporkan dan menggunakan kas desa untuk menggantinya.

”Tiap selapan sekali atau 45 hari sekali dilakukan di tingkat RT, itu untuk menampung kebutuhan masyarakat. Bukan hanya RT sini saja melainkan juga RT lainnya,” ungkapnya.

Dia berharap hal itu dapat dilakukan dengan rutin. Sebab sebagi forum untuk membenahi kebutuhan masyarakat.

Editor : Titis Ayu Winarni