Bangun Pasar Induk Baru, Pemkab Blora Belum Tahu Pasar Induk Lama Diapakan

Pasar Induk Blora (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

Pasar Induk Blora (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

 

MuriaNewsCom, Blora – Pemkab Blora melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Blora rencanakan pasar induk baru di kawasan Gabusan, Mlangsen, Blora nantinya mampu menampung dua ribu pedagang.

Hal itu diungkapkan Maskur, Kepala Dispendagkop Blora, sampai saat ini masih proses perencanaan. Setelah selesai dalam perencanaan, akan langsung dilelang. ”Kami belum bisa memastikan kapan selesai proses perencanaannya,” jelasnya kepada MuriaNewsCom (3/3/2016).

Sedangkan untuk anggaran, ia juga masih belum bisa memberikan jawaban. Hal itu dikarenakan pihaknya masih mengkaji lebih mendalam, perihal kebutuhan pemindahan pasar. ”Saya juga diminta Bupati untuk merencanakan di pasar yang baru ada sub terminalnya, dan tempat untuk bongkar muat,” kata dia.

Sedangkan luasan tanah yang ada di wilayah Gabus, atau dari Blora menuju selatan arah Randublatung sekitar 2,5 kilometer, merupakan tanah inventaris Pemkab. ”Tanah milik Pemkab di sana ada dua tempat. Empat hektare di kanan jalan kalau dari arah Blora, sedangkan yang kiri jalan lebih luas dari itu, saya kurang begitu tahu luasnya,” jelas Maskur.

Terkait pasar lama, Maskur menjelaskan keberadaan pasar lama dirinya masih belum mengetahui secara jelas. Pasalnya, Bupati yang menentukan untuk pemberdayaan pasar yang lama. ”Bisa jadi Bupati yang nanti mengusulkan kalau pasar lama dibuat taman kota,” ungkap Maskur.

Sedangkan, lanjut Maskur, mengenai potensi penolakan pedagang yang nantinya akan dipindah, sampai saat ini dirinya masih belum terfikirkan. Ia berharap agar semua lancar dan ketika selesai proses pembangunan nantinya, semua pedagang bisa menerima dan tidak ada perlawanan.

Editor : Titis Ayu Winarni