Siswa SMA 2 Kudus Kampanyekan  Diet Kantong Plastik

Siswa SMA 2 Kudus menunjukkan tas sebagai pengganti plastik (Istimewa)

Siswa SMA 2 Kudus menunjukkan tas sebagai pengganti plastik (Istimewa)

 

MuriaNewsCom, Kudus -Kesadaran siswa tentang bahaya kantong plastik dinilai masih sangat rendah. Untuk itu,Smada Green Community melakukan sosialisasi dari kelas ke kelas bersamaan dengan kegiatan Jumat bersih (19/2/2016).

“Kampanye ini digelar untuk menyadarkan siswa- siswi tentang bahaya sampah plastik. Ini bertujuan meminimalisasi penggunaan sampah di tanah air,” ujar Yusrun, siswa SMA 2 Kudus.

Sosialisasi tersebut berisikan pemahaman tentang jenis sampah, daur ulang sampah, sampai dengan krisis Indonesia melawan sampah. Penerapan pengurangan kantong plastik di sekolah menjadi terobosan untuk menekan  jumlah limbah plastik yang dihasilkan di Indonesia.

Yusrun menjelaskan, dalam sosialisasi ini, siswa- siswi di harapkan membawa tempat makanan sendiri untuk mengurangi limbah saat membeli makanan atau minuman di kantin. Sebagai gantinya, siswa dapat mengunakan goodybag atau tas yang terbuat dari bahan karung nylon.

“Jadipraktiknya, jika para siswa jajan di kantin, sebagai ganti wadah plastik mereka bisa menggunakan goodybagyang disediakan sekolah,” ujarnya.

Sebagai tahap awal program ini, sekolah akan menyediakan 250 pcs goodybag. Tas ini akan didistribusikan ke kelas- kelas dan dapat digunakan di kantin. Melalui program ini, diharapkan siswa mulai sadar dan meninggalkan tas kresek yang selama ini digunakan.

Editor : Kholistiono