Warga Dersalam Kudus Digegerkan dengan Penemuan Makam Misterius

Bambang Hermanto menunjukkan lokasi makam yang baru ditemukan (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Bambang Hermanto menunjukkan lokasi makam yang baru ditemukan (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Beberapa hari lalu, warga Dersalam, Kecamatan Bae, Kudus digegerkan dengan adanya penemuan makam misterius yang berada RT 3 RW 2 desa setempat. Setidaknya ada dua makam yang ditemukan salah satu warga itu.

Bambang Hermanto (47) Ketua RT 3 RW 2 Desa Dersalam mengungkapkan, penemuan makam tersebut baru tiga hari lalu. Sebelumnya, dirinya mengaku mendapatkan pertanda terkait keberadaan makam tersebut.

“Baru tiga hari lalu ditemukan. Setelah seorang kiai besar dari Malang Abdullah Husain datang kemari dengan menunjukkan lokasi makam tersebut,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Menurutnya, makam tersebut diyakini milik Habib Ahmad bin Abdullah Abu Bakar Arrumi atau warga setempat mengenal dengan nama Mbah Jiwo. Sedangkan, makam yang persis berada di sebelahnya adalah makam santri Mbah Jiwo.

Katanya, Mbah Jiwo adalah seorang ulama yang dipercaya sebagai cikal bakal desa tersebut. Namun, selama ini tidak diketahui di mana keberadaan makam ulama tersebut.

Warga juga memercayai makam tersebut adalah milik seorang ulama besar. Sebab, kiai asal Malang yang pernah datang ke tempat tersebut menjamin jasad yang terkubur di dalamnya masih utuh.
Dirinya menceritakan, penemuan makam tersebut melalui proses yang tidak mudah. Berbagai upaya berupa tirakat dijalaninya, hingga pada suatu ketika, sempat ada sosok yang tiba-tiba muncul di hadapannya sebagai sebuah petunjuk.

“Waktu itu kira-kira bulan Juli pada 2013, saat itu tengah malam tiba-tiba ada yang mengetuk pintu. Saya buka ternyata ada seorang yang datang itu berperawakan tinggi, yang kemudian berkata kalau dia tidak dirawat,” katanya.

Setelah itu,dia selalu berkeinginan datang ke lokasi yang kini ternyata sebuah makam. Ia bersihkan sendiri dan melihat ada gundukan tanah. Tanah tersebut juga yang ternyata merupakan Makam Mbah Jiwo.

Sebelumnya, dirinya juga sempat bertanya kepada 13 kiai terkait hal tersebut. Sebagian besar mengatakan jika hal itu makam ulama.”Kini warga sering membersihkan tempat tersebut, dan rencananya akan dibuatkan bangunan yang layak,” imbuhnya.

Kades Dersalam Setya Gunawan Wahib Wahab menuturkan, kalau pihak desa akan membantu pembangunan makam tersebut. Namun untuk sekarang masih dalam proses pembebasan lahan, karena itu merupakan tanah warga.

Baca juga : Hati-hati, Jalan di Kudus Ini Ternyata Angker

Editor : Kholistiono