Ini Kiat Smansa Purwodadi Agar Siswa Tidak Pusing Pilih Tempat Kuliah

Sejumlah siswa Smansa Purwodadi kelas XII terlihat antusias untuk mendapatkan informasi tentang universitas yang diidamkan (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Sejumlah siswa Smansa Purwodadi kelas XII terlihat antusias untuk mendapatkan informasi tentang universitas yang diidamkan (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Dalam rangka memberikan wawasan pada siswa yang akan melanjutkan pendidikan tinggi, SMAN 1 (Smansa) Purwodadi membuat sebuah kegiatan apik. Yakni, ajang “Smansa College Expo 2016” yang dilangsungkan di sekolah tersebut.

Dalam ajang ini, ada 34 universitas negeri maupun swasta yang ambil bagian. Melalui ajang inilah para siswa kelas XII yang nantinya mau melanjutkan kuliah sudah punya gambaran mengenai kondisi berbagai universitas yang jadi dambaan.

“Terus terang saya sangat senang ada kegiatan ini. Soalnya, saya bisa dapat informasi lengkap mengenai banyak hal. Mulai kondisi universitas, biaya, hingga jurusan yang ada di perguruan tinggi itu,” cetus Fransiska Ayuka, siswi kelas XIIyang punya niatan untuk melanjutkan kuliah di jurusan farmasi itu.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Purwodadi Amin Hidayat menyatakan, pengenalan 34 perguruan tinggi itu dilakukan oleh mahasiswa yang saat ini masih kuliah disitu. Mahasiswa yang menyampaikan pengenalan tersebut semuanya adalah alumni Smansa Purwodadi yang sekarang masih kuliah di 34 perguruan tinggi tersebut.

“Untuk melaksanakan kegiatan ini, kami mengadakan kerjasama resmi dengan 34 perguruan tinggi negeri maupun swasta tersebut. Namun, untuk penyampaian informasi kita ambilkan dari alumni yang masih kuliah disitu,” jelasnya.

Dengan penyampaian oleh mahasiswa, maka para siswa bisa menjadi lebih santai ketika mau menggali informasi lebih detail. Disamping itu, dengan melibatkan alumi, diharapkan mereka nanti mau membantu atau membimbing adik- adiknya yang akan memilih kuliah satu tempat dengan mereka,” imbuh Amin.

Editor : Kholistiono