2 Pekerja Luka saat Pipa Pertamina di Blora Terbakar

Kebakaran pipa minyak Pertamina di Desa Kali Rejo, Sambong, Blora (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

Kebakaran pipa minyak Pertamina di Desa Kali Rejo, Sambong, Blora (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

 

MuriaNewsCom, Blora – Pipa milik Pertamina yang dikelola PT Geo Cepu Indonesia (GCI) terbakar di Desa Kali Rejo Km 10,6, Kecamatan Sambong, Blora, Jumat (29/01/2016). Kebakaran diduga akibat dari api lembah yang merambat dan menyambar ke titik kebocoran pipa.

Api dapat dipadamkan setelah ada pertolongan dari Unit Pemadam Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Blora, Pertamina Eksplorasi Produksi (EP) 4 field Cepu dan Pusdiklat Migas Cepu.
“Semula ada karyawan KSO Pertamina EP- Geo Cepi Indonesia ( KSO PEP-GCI) yang sedang melintas dari Blora menuju Ledok. Lalu ia menyampaikan kepada kepala distrik 2 Nglobo,” kata Danardono Hermawan selaku Legal Ralation Staf PT GCI.

Lokasi kebakaran merupakan lokasi hutan milik PT Perhutani Persero. Kepala distrik yang telah menerima laporan dari karyawan tersebut langsung memerintahakan tim tanggap darurat dan HSE KSO PEP-GCI untuk menuju lokasi kebakaran dan dilengkapi peralatan penanggulangan.

Akibat kejadian tersebut, ada dua korban yang terkena paparan api. “Satu orang sedang dirawat di Rumah Sakit PPKU Muhammadiyah Cepu dan satu orang lagi lagi rawat jalan. Itu hasil investigasi tim kami di rumah sakit tersebut. Kedua korban bernama Sobri dan Tabri,” kata Danardono.

Sementara untuk menindak lanjuti kebakaran itu, lanjut Danardono, pihaknya akan melakukan pembersihan oil spill sampai bersih yang ada di lokasi kebakaran dan spill yang mengalir ke parit. Juga akan mengganti pipa segmen lokasi yang terkena paparan api.

“Kami juga akan melakukan kordinasi dengan aparat terkait untuk reklamasi lingkungan antara lain dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Blora dan dinas yang menangani lingkungan hidup di Kabupaten Blora. Kami (KSO PEP-GCI) juga akan menanggung biaya perawatan korban. Kami juga akan melakukan penanggulangan kebakaran dengan Pertamina EP Field Cepu, Pemkab dan Muspida Blora,” tandas Danardono.

Editor : Akrom Hazami