Puluhan Kelenteng se-Indonesia Bakal Meriahkan Kirab Kelenteng Hok Hien Bio Kudus

Persiapan ritual yang dilakukan di Kelenteng Hok Hien Bio Kudus (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Persiapan ritual yang dilakukan di Kelenteng Hok Hien Bio Kudus (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Sebanyak 30 kelenteng dari berbagai daerah se-Indonesia bakal meramaikan kirab Kelenteng Hok Hien Bio Kudus pada Minggu (24/1/2015). Sebagian peserta kirab, hari ini sudang datang di Kudus.

Ketua Panitia Kirab Riki Shonda mengungkapkan, hingga hari ini sebagian besar dan memasuki sore hari, peserta kirab sudah semakin banyak yang berdatangan.”Kalau paling jauh ada dari Manado dan Makassar,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Menurutnya, kirab yang dilaksanakan pada Minggu besok, bakal dimulai pada pukul 10.00 WIB. Sebelum kirab dimulai, akan dilakukan ritual terlebih dahulu. Ritual ini, sebagai salah satu bentuk rasa syukur kepada Dewa Bumi dan Dewa Langit.

Dirinya mengatakan, kegiatan yang bertujuan sebagai rasa syukur selama setahun itu, sebenarnya dimulai pada hari ini. Namun untuk kegiatan besar berupa kirab dilaksanakan pada hari terakhir.
“Kalau hari ini hanya upacara saja, selain itu juga malamnya sekitar pukul 19.30 WIB, ada ritual Tangsin atau pengobatan. Sedangkan, untuk rute kirab, nantinya akan berkeliling Kota Kudus,” ujarnya.

Editor : Kholistiono