PKL Tak Lagi Nongol di Depan RSUD Purwodadi, Ini Sebabnya

Kepala Satpol PP Grobogan Hadi Widoyoko melakukan upaya pendekatan pada PKL agar tidak berjualan di depan pintu masuk RSUD Purwodadi (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Kepala Satpol PP Grobogan Hadi Widoyoko melakukan upaya pendekatan pada PKL agar tidak berjualan di depan pintu masuk RSUD Purwodadi (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Pemandangan berbeda terlihat di depan pintu masuk RSUD dr Soedjati Purwodadi hari ini, Kamis (21/1/2016). Dimana, tidak terlihat lagi adanya kesemrawutan akibat banyaknya PKL yang berjualan disitu. Demikian pula, kendaraan umum juga tidak lagi mangkal disitu untuk menunggu penumpang.

Kepala Satpol PP Grobogan Hadi Widoyoko menyatakan, beberapa hari lalu, semrawutnya kawasan depan pintu pasuk RSUD itu sempat dapat sorotan dari Komisi A DPRD setempat.

Bahkan, beberapa anggota DPRD juga sempat turun ke lokasi untuk melihat kondisi yang ada disitu. Para wakil rakyat meminta agar dinas terkait segera melakukan penataan terkait keberadaan PKL, angkot dan becak, yang membuat suasana terlihat semrawut dan mengganggu banyak orang serta pengendara.

“Setelah itu, kami kemudian melakukan upaya pendekatan pada para PKL. Mereka kita minta agar tidak berjualan di depan pintu masuk agar tidak mengganggu orang lain dan membahayakan diri sendiri. Sebab, sebagian PKL menaruh tempat jualannya hingga memakan bahu jalan raya,” katanya.

Melalui pendekatan itu, para PKL akhirnya bersedia pindah ke lokasi lain yang dirasa masih bisa digunakan dan tidak mengganggu jalan. Meski demikian, pihak Satpol PP juga menyiapkan sedikitnya 10 petugas untuk berjaga disitu.

Selain untuk membantu kelancaran arus kendaraan yang keluar masuk RSUD, para keberadaan petugas itu sekaligus untuk memantau agar para PKL tidak kembali berjualan disitu.

Ditambahkan, langkah penataan itu dilakukan guna menegakkan Perda No 16 Tahun 2014 yang didalamnya mengatur keberadaan PKL. Selain mengganggu pengguna jalan, penataan PKL di depan RSUD itu dilakukan lantaran lokasi disitu merupakan salah satu kawasan tertib.
Caption : Kepala Satpol PP Grobogan Hadi Widoyoko melakukan upaya pendekatan pada PKL agar tidak berjualan di depan pintu masuk RSUD Purwodadi (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Editor : Kholistiono