Produser Asal Jerman, Acungi Jempol Film Karya Para Santri Rembang Ini

Suasana pelatihan pembuatan film yang dipandu oleh Produser Film dari Jerman, Dominic Jackson di Pondok Pesantren Roudlatut Thalibin Rembang. (MuriaNewsCom/Ahmad Wakid)

Suasana pelatihan pembuatan film yang dipandu oleh Produser Film dari Jerman, Dominic Jackson di Pondok Pesantren Roudlatut Thalibin Rembang. (MuriaNewsCom/Ahmad Wakid)

 

REMBANG – Produser film asal Jerman, Dominic Jackson, memuji film pendek garapan para santri dalam pelatihan pembuatan film di Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang.

Pria kelahiran Amerika Serikat itu mendampingi dan membagi ilmu tentang cara pembuatan film yang digelar selama lebih dari sepekan yaitu Sabtu (9/1/2016) hingga Minggu (17/1/2016). Dalam evaluasi yang dilakukan pada hari terakhir, Dominic menilai, para santri itu sudah mampu menguasai kemampuan dasar dalam bidang pembuatan film.

”Kita di sini sudah benar-benar bagus, untuk basic-nya sudah menguasai. Setelah menguasai basic, kita bisa bergerak kemanapun yang kita mau,” kata Dominic melalui seorang penerjemah pada hari terakhir, Minggu (17/1/2016).

Produser dari film Turn Left (2006) menyebut, para santri cepat paham dan langsung mampu mempraktikkan. Selain itu, lanjutnya, para santri sangat semangat dan serius. ”Saya sudah 20 tahun berkecimpung di dunia produksi film. Di sini, peserta antusias dalam belajar dan cepat paham,” tandasnya.

Bahkan, Dominic mengagumi cara kerja sama yang baik dari para santri. Padahal mereka berasal dari daerah berbeda, yakni: Yogyakarta, Magelang, dan Rembang. ”Saya belum pernah melihat orang-orang yang berasal dari daerah berbeda, hanya dalam waktu singkat bisa bekerjasama seperti ini,” pujinya.

Para peserta terdiri dari 14 santri dan seorang kiai. Dari Yogyakarta 4 santri dan kiai M Jadul Maula pendiri Pondok Pesantren Kaliopak. Sedangkan dari Magelang 4 santri dan Rembang 6 santri. Film itu nantinya akan diunggah di youtube sebagai bentuk dakwah bil film. (AHMAD WAKID/TITIS W)