Usulan Nama Calon Pengganti Sri Sumarni Sudah Masuk KPU Grobogan

Ilustrasi Kursi Dewan

Ilustrasi Kursi Dewan

 

GROBOGAN – Posisi anggota DPRD Grobogan yang ditinggalkan Sri Sumarni ketika maju sebagai calon bupati dalam Pilkada lalu dalam waktu dekat akan segera tergantikan. Hal ini menyusul masuknya surat permintaan pergantian antar waktu (PAW) yang dilayangkan pihak DPRD Grobogan ke KPU setempat.

Ketua KPU Grobogan Afrosin Arif ketika dimintai komentarnya membenarkan jika permintaan PAW untuk Sri Sumarni sudah diterima beberapa hari lalu. Adapun usulan nama yang diajukan adalah Purwadi, caleg PDIP yang berasal dari dapil II.

Terkait adanya surat tersebut, rencananya KPU menggelar rapat pleno Senin (18/1/2016) untuk membahas masalah tersebut. Sesuai aturan KPU punya waktu tujuh hari untuk verifikasi nama yang diajukan dalam proses PAW tersebut. Proses verifikasi itu dilakukan, salah satunya untuk memastikan kalau nama yang diajukan untuk PAW adalah peraih suara terbanyak kedua setelah Sri Sumarni.

”Jadi tahapan PAW ini bermula dari surat permohonan dari partai kepada pimpinan DPRD. Kemudian pimpinan DPRD mengajukan permohonan ke KPU untuk proses PAW. Setelah itu, KPU nanti akan meneruskan pada gubernur,” jelasnya.

Disinggung soal PAW untuk anggota dewan lainnya Edy Maryono yang menjadi pasangan Sri Sumarni dalam Pilkada lalu, Afrosin menyatakan, sudah ada surat permintaan dari DPRD Grobogan bulan Desember lalu. Saat ini, prosesnya sudah sampai di tangan Gubernur Jawa Tengah. (DANI AGUS/TITIS W)