Desa Banjarejo Sekarang Punya Perpustakaan Prasejarah Mini

Sejumlah siswa sedang asyik membaca buku pengetahuan prasejarah (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Sejumlah siswa sedang asyik membaca buku pengetahuan prasejarah (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

GROBOGAN – Selain bisa menyaksikan beragam koleksi benda cagar budaya dan purbakala, pengunjung di “Museum” Banjarejo, Kecamatan Gabus juga bisa menambah wawasan mengenai masalah prasejarah atau kehidupan dan peradaban masa lampau. Hal ini seiring adanya koleksi buku-buku prasejarah di lokasi penyimpanan ratusan barang temuan yang berada di rumah Kades Banjarejo Ahmad Taufik.

“Ya, baru-baru ini kita dapat sumbangan buku-buku pengetahuan prasejarah dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran. Jumlah bukunya ada 9 eksemplar ditambah ratusan brosur,” jelas Taufik.

Meski masih sedikit, namun keberadaan buku itu sudah dirasakan manfaatnya. Dimana, pengunjung yang datang bisa makin paham dengan masalah prasejarah setelah membaca buku tersebut.

Misalnya, mereka jadi tahu bentuk-bentuk hewan prasejarah yang pernah hidup di bumi jutaan tahun lalu. Kemudian, pengetahuan mengenai manusia purba juga bisa didapat dalam buku tersebut. Sebelumnya, informasi masalah itu hanya diketahui secara sepintas dari cerita orang maupun dalam pelajaran sekolah.

“Kalau mau membaca buku ini pasti pengetahuan masalah prasejarah bisa makin komplit. Soalnya, saya sudah membuktikan sendiri. Tetapi, untuk sekarang, buku prasejarah ini hanya bisa dibaca disini tidak boleh dipinjamkan dulu,” katanya.

Untuk menambah wacana, dia juga menambah koleksi bacaan semampunya. Yakni, dengan memperbanyak berita soal penemuan benda bersejarah di Banjarejo yang sudah ditayangkan di beberapa media. Baik media cetak maupun online.

Rencananya, dia juga akan mencari koleksi buku-buku bekas yang berkaitan dengan masalah purbakala. Hal itu perlu dilakukan agar jika ada banyak pengunjung yang datang tidak saling berebutan untuk membaca atau sekedar melihat-lihat buku bacaan.

“Kalau ada yang punya buku-buku seperti ini dan sudah tidak terpakai bisa ditaruh disini. Biar mendatangkan manfaat bagi orang banyak daripada tersimpan dalam lemari,” imbuh Taufik. (DANI AGUS/KHOLISTIONO)

Satu gagasan untuk “Desa Banjarejo Sekarang Punya Perpustakaan Prasejarah Mini

  1. Ping-balik: Jelang Tanam Padi, Petani Desa Banjarejo Malah Berburu Emas | Muria News

Komentar ditutup.