Pasar Sudah Jadi, PKL Kaliputu Tidak Kunjung Dipindah

PKL Kaliputu yang berjualan di depan pabrik rokok jumlahnya semakin banyak, dan Januari ini rencananya mereka segera dipindah ke pasar Kaliputu di Gang V, Kaliputu. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

PKL Kaliputu yang berjualan di depan pabrik rokok jumlahnya semakin banyak, dan Januari ini rencananya mereka segera dipindah ke pasar Kaliputu di Gang V, Kaliputu. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

KUDUS – Pembuatan pasar Kaliputu, Kecamatan Kota yang bertempat di gang V Kaliputu, sudah selesai dibangun. Hanya, dalam pembangunan pasar yang menampung pedagang di Kaliputu itu, hingga kini masih belum dipindah.

Plt Kepala Dinas Dagsar Kudus Sudiharti mengungkapkan, pembangunan pasar memang sudah selesai dilaksanakan. Hanya, untuk pemindahan para pedagang, hingga kini masih ditahan lantaran masih menunggu proses pengundian.

”Masih menunggu undian para pedagang. Soalnya nanti kalau tidak diatur, maka pedagang bisa saling memilih tempat yang mereka inginkan,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Menurutnya, pasar Kaliputu yang terdapat di gang V Desa Kaliputu, mampu menampung hingga 129 pedagang. Meskipun, jumlah pedagang yang ada di dalam paguyuban PKL Kaliputu hanya 96 saja. Pihak Dagsar menambah jumlah kuota pedagang lantaran pihaknya memberikan kuota tambahan untuk masyarakat sekitar.

Selain itu, pedagang di Kaliputu juga semakin banyak. Sehingga kelebihan kuota pedagang, dapat ditampung dalam kelebihan kuota itu.

Hanya, meski jumlahnya ditambah namun tidak menjamin jumlahnya mencukupi untuk semua pedagang yang ada. Sebab, dari awal pembangunan pasar di buat untuk pedagang yang sudah lama berjualan di sana.

”Yang pasti Januari ini pasti dipindah. Jadi Januari ini juga, jalur di Kaliputu pasti sudah bersih dari para pedagang,” ungkapnya.

Sudiharti menambahkan, untuk dapat memaksimalkan para pedagang, maka angkutan yang mangkal juga dipindah. Rencananya, pihaknya akan kordinasi dengan Dishub terkait angkutan yang biasanya mangkal di sana. (FAISOL HADI/TITIS W)