Berapa Jumlah Pasar di Kudus? Ini Lho

Warga melintas di depan Pasar Bitingan, Kudus. Pasar Bitingan merupakan salah satu pasar andalan penduduk setempat. (MuriaNewsCom)

Warga melintas di depan Pasar Bitingan, Kudus. Pasar Bitingan merupakan salah satu pasar andalan penduduk setempat. (MuriaNewsCom)

 

KUDUS – Tahukah Anda, berapa jumlah pasar di Kabupaten Kudus? Bagi Anda, remaja perempuan, ABG, atau ibu-ibu yang senang ke pasar biasanya hanya tahu nama-namanya saja, tapi tidak dengan jumlahnya.

Dari data yang dihimpun MuriaNewsCom, ternyata jumlah pasar sangat banyak. Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Kudus telah mencatat jumlah pasar.

Data 2011 dari dinas itu mencatat, terdapat 7 buah pasar daerah, 15 buah pasar desa dan 1 buah pasar hewan. Total jumlahnya adalah 23 pasar.

Tentu jumlah tersebut merupakan jumlah yang cukup besar jika dibandingkan dengan jumlah kecamatan yang ada, atau rata-rata per kecamatan ada sekitar 2 sampai 3 buah pasar. Jumlah kecamatan di Kudus ada sembilan.

Potensi ekonomi suatu daerah khususnya sektor perdagangan dapat diketahui dari banyaknya pasar yang ada. Pasar merupakan media pertemuan antara penjual dan pembeli, sehingga makin ramai transaksi terjadi berarti makin tinggi pula potensi sektor perdagangan.

Apalagi, dengan kondisi geografis yang terletak pada persimpangan jalur transportasi utama Jakarta-Semarang-Surabaya dan Jepara-Grobogan, Kabupaten Kudus menjadi wilayah yang sangat strategis dan cepat berkembang. Serta memiliki peran utama sebagai pusat aktivitas ekonomi yang melayani wilayah hinterland, yaitu kabupaten di sekitarnya.

Jadi, warga Kudus, manfaatkan peluang itu untuk meningkatkan potensi ekonomimu biar lebih baik dari sebelumnya.(AKROM HAZAMI)