Satpol PP Kudus Siap Menyamar untuk Tindak Pengemis di Kawasan Menara

Pengemis meminta-minta kepada peziarah makan Sunan Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Pengemis meminta-minta kepada peziarah makan Sunan Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

KUDUS – Satpol PP Kudus, memiliki cara tersendiri dalam menindak keberadaan pengemis di kawasan Menara Kudus. Dalam melakukan penindakan, Satpol PP tidak mau terkecoh oleh pengemis yang harusnya ditangkap malah kabur.

Kepala Satpol PP Kudus Abdul Halil mengungkapkan, jika cara biasa dalam menangkap pengemis dinilai kurang efektif. Sebab pengemis akan langsung lari berhamburan begitu mendengar suara Satpol PP dan melihatnya di kawasan Menara.

”Makanya kami tidak mau kalau menertibkan dengan cara biasa. Harus disiasati cara menindaknya seperti apa,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Cara yang dilakukan, adalah dengan memasang anggota di sana dalam jumlah tertentu. Berbeda dengan anggota lain, anggota yang dipasang tidak berpakaian seragam melainkan pakaian bebas. Tugasnya, adalah mencari info apakah di kawasan sana ada pengemis yang beroperasi apa tidak.

Setelah dinyatakan ada aktivitas pengemis, lanjutnya, maka petugas akan datang dari berbagai sisi. Hal itu dilakukan untuk memastikan pengemis tidak bisa kabur saat dirazia.

”Ya meskipun ada saja yang lolos karena banyaknya pengemis. Mereka juga yang dalam waktu tidak lama langsung meminta-minta lagi. Padahal kami tidak mungkin berjaga di sana terus menerus,” ujarnya.

Seperti halnya tadi, rencananya petugas Satpol PP mengadakan razia kepada para pengemis di lingkungan Menara. Hanya setelah petugas keliling, ternyata sudah tidak ada pengemis di kawasan Menara, sehingga operasi tidak jadi dilaksanakan.

”Yang kami khawatirkan itu kalau mereka sampai memaksa peziarah. Itu jelas lebih parah dibandingkan hanya dengan meminta minta saja,” ujarnya. (FAISOL HADI/TITIS W)