Salut, Komunitas Bangun Sebelum Subuh Dirikan Warung Sedekah Khusus Bagi Fakir Miskin

Warung Sedekah yang baru buka hari ini Kamis (7/1/2016) di Jalan Ahmd Yani Gang 1 Kudus langsung diserbu warga sekitar yang berprofesi sebagai tukang sapu dan penarik becak. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Warung Sedekah yang baru buka hari ini Kamis (7/1/2016) di Jalan Ahmd Yani Gang 1 Kudus langsung diserbu warga sekitar yang berprofesi sebagai tukang sapu dan penarik becak. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

 

KUDUS – Memang patut dicontoh aksi para pemuda yang tergabung dalam komunitas Bangun Sebelum Subuh. Yaitu mendirikan Warung Sedekah pada Kamis (7/1/2016). Meski nampak seperti warung tenda biasanya, namun warung tersebut sangat istimewa. Yaitu hanya melayani fakir miskin di Kudus untuk makan gratis.

Warung yang saat ini berada di Jalan Ahmd Yani Gang 1 Kudus ini, juga bukan tanpa alasan. Salah satu anggota Komunitas Bangun Sebelum Subuh Kudus Bosnia mengatakan, untuk mendirikan warung ini terinspirasi dari angka 769. Angka tersebut merupakan filosofi dari surat dan ayat yang terdapat di Alquran. Untuk angka 76 yakni surat Al Insan merupakan surat ke 76, dan angka 9 merupakan ayat yang ke 9 dari Surat Al Insan.

”Yaitu yang bermakna, kami memberikan makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhaan Allah, Kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula meminta (ucapan) terimakasih,” paparnya.

Dari pantauan MuriaNewsCom, saat ini warung sedekah tersebut banyak didatangi orang. Khususnya bagi mereka yang berprofesi menjadi tukang sapu dan tukang becak. ”Kegiatan ini memang baru kali pertama berjalan. Dan disokong dari donatur tunggal,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Bosnia, kegiatan ini nantinya dijadwalkan setiap satu pekan sekali di Kudus. Pihaknya juga akan membuka tenda dengan lokasi yang berpindah-pindah di tempat lain. Dengan adanya kegiatan sosial ini, bisa memacu orang lain untuk peduli terhadap sesama yang membutuhkan.

”Untuk menunya nasi rames, telur ceplok, dan teh. Dan disedikan sekitar 150 porsi saja,” imbuhnya. (EDY SUTRIYONO/TITIS W)