Hebat, Siswa SMP 1 Mejobo Kudus Mahir Berpramuka

Pinru dan Wapinru latihan semapur di Kabupaten Kudus. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Pinru dan Wapinru latihan semapur di Kabupaten Kudus. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)kudus

 

KUDUS – SMP 1 Mejobo Kudus mendidik siswa-siswi supaya paham pengetahuan kepramukaan. Salah satunya mewajibkan seluruh Pimpinan Regu (Pinru) dan Wakil Pimpinan Regu (Wapinru) pramuka di setiap kelas.

Pratama regu Rajawali SMP 1 Mejobo Maulana Afif mengatakan, latihan kepramukaan bagi Pinru dan Wapinru di setiap kelas memang wajib diikuti. “Seluruh kelas wajib mengirimkan Pinru dan Wapinrunya untuk latihan,” kata Maulana.

Tujuan latihan untuk memberikan pengetahuan pramuka secara mendalam. Harapannya, Pinru dan Wapinru tersebut bisa menyalurkan pengetahuan pramukanya kepada seluruh angota.

“Untuk kelas VII itu ada 9 kelas. Sedangkan setiap kelas ada 4 regu. Setiap kelas mengirimkan Pinru putra putri, dan Wapinru putra putri. Bila ditotal ada 36 Pinru putra putri, dan 36 Wapinru putra putri,” katanya.

Latihan yang digelar tiap Sabtu pukul 14.30 WIB- 17.00 WIB tersebut diberikan pula pengetahuan kepramukaan sesuai dengan buku syarat kecakapan umum (SKU).

Mereka juga mempuyai jadwal latihan secara berkala. Untuk Rabu ini latihan semapur, tali temali, dan lainnya.

Selain itu, lanjut Afif, semapur tersebut merupakan suatu simbol komunikasi yang ada dalam ilmu kepramukaan. Seperti dengan melakukan komunikasi menggunakan dua buah bendera kecil. (EDY SUTRIYONO/AKROM HAZAMI)