Berikut Desa Bidikan Percontohan Arsip Tiap Kecamatan di Kudus

Mutrikah, Kasi Kearsipan pada Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Mutrikah, Kasi Kearsipan pada Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

KUDUS – Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kudus, memiliki cara khusus dalam memberikan pemahaman kepada tiap desa agar sadar arsip. Seperti memberikan desa percontohan arsip hingga tingkat kecamatan.

Kasi Kearsipan pada Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kudus Mutrikah, mengatakan kalau beberapa desa sudah dibidik dalam percontohan arsip. Desa tersebut, nantinya yang dapat dijadikan contoh dalam membina arsip dalam satu kecamatan.

”Semua kecamatan ada. Jadi bagi desa satu kesamaannya yang sama, nanti lebih mudah dalam mencontoh. Sehingga tidak harus selalu jauh datang ke kami,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Untuk Kecamatan Undaan desa yang menjadi percontohan adalah  Desa Wates. Untuk Kecamatan Jati Desa Getas Pejaten, Kecamatan Bae ada Desa Karangbener, dan Kecamatan Gebog adalah Desa Gondosari.

Sedangkan, Kecamatan Kaliwungu  diambil Desa kaliwungu,  Kecamatan Jekulo Desa Hadipolo, Kecamatan Dawe Desa Cendono, Kecamatan Mejobo Desa Hadiwarno dan Kecamatan Kota adalah Desa Rendeng.

Kesembilan desa tersebut dipilih bukan tanpa sebab. Melainkan dalam pembinaan yang sudah berjalan menunjukkan arah positif. Sehingga patut ditata lebih lanjut, agar menjadi percontohan.

”Seperti halnya Desa Getas Pejaten, desa itu merupakan desa dengan penataan arsip yang paling bagus se Kudus,” ujarnya. (FAISOL HADI/TITIS W)