KALEIDOSKOP POLITIK 2015 : Incumbent Tunjukkan Taringnya di Pilkada Blora

Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Blora (MuriaNewsCom)

Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Blora (MuriaNewsCom)

 

BLORA – Pada 9 Desember 2015, sebagian daerah di Indonesia melaksanakan pilkada serentak, termasuk di Kabupaten Blora.

Seperti halnya di daerah lain, tensi persaingan untuk menduduki jabatan sebagai bupati dan wakil bupati, juga berlansung sengit. Apalagi, di Blora incumbent memilih untuk berpisah dan bersaing untuk merebutkan jabatan kursi nomor 1 di Kabupaten Blora.

Di Pilkada Blora, tercatat ada tiga pasangan calon yang maju. Yakni Djoko Nugroho – Arief Rohman, Abu Nafi-M Dasum dan Kusnanto-Sutrisno. Untuk diketahui, Djoko Nugroho dan Abu Nafi merupakan incumbent.

Di pilkada ini, akhirnya pasangan Djoko-Arief dinyatakan sebagai pemenang. Dari hasil rekapituasi yang dilakukan KPU, pasangan Djoko – Arief memperoleh suara sebanyak 253.394 (51,17 %) dan sementara pasangan Abu Nafi-M Dasum memperoleh suara 207.582 (41,92 %). Sedangkan pasangan Kusnanto-Sutrisno memperoleh suara 34.205 (6,91 %).

Dalam pertarungan politik ini, Djoko – Arief berhasil menguasai suara di beberapa kecamatan. Di antaranya Kecamatan Tunjungan, Ngawen, Japah, Todanan, Jati, Kradenan, Kedungtuban, Sambong, Jiken, Jepon dan Bogorejo.

Melihat angka perolehan suara, terlihat incumbent bersaing cukup ketat. Sedangkan, pesaingnya yang bukan dari incumbent, terpaut suara cukup jauh. (KHOLISTIONO)